Menuju Akreditasi, Puskesmas Kasongan Tingkatkan Pelayanan Yang Maksimal

    KASONGAN – Dalm 6 bulan menuju akreditasi, UPTD Puskesmas Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan selalu melakukan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

    Salah satunya adalah dengan mengelar perayaan Natal bersama sebagai awal rangkaian pelayanan pihak puskesmas kepada masyarakat.

    Perayaan Natal yang dilaksanakan diruang Puskesmas, Jumat (5/1/2018) kemarin, digelar dengan tema “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu (Kolose 3:15A)”.

    Kemudian dengan subtema, “Sukacita Natal Kita Tingkatkan Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas Menuju Akreditasi”.

    Pada perayaan natal tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan Parlohutan Siaha’an mengatakan bahwa, pelayanan di Puskesmas Kasongan sudah sejauh ini sudah meningkat dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

    Sehingga pada tahun 2018 sekarang, diharapkan unit pelayana kesesahab masyarakat Kasonga tersebut dapat lebih meningkatkan kinerjanya lagi terutama dalam hal pelayanan.

    Dikarena dalam waktu dekat akan ada penilaian akreditasi yakni pada bulan Juli atau Agustus mendatang.‎

    Maka, dari tujuan akreditas tersebut, Parlohutan menginginkan peningkatkan mutu pelayanan Puskesmas Kasongan dapat lebih baik lagi.

    “Jadi kalau kita mau meningkatkan itu, harus kerja keras. Karena penilaian akreditasi itu adalah banyak item-itemnya. Jadi ini Puskesmas induk, tentu ada puskesmas pembantu dan sekarang itu kalau tidak salah untuk kasongan membawahi 3 Pustu yaitu Pustu di Desa Tumbang Liting, Tewang Kadamba, dan Kasongan Seberang serta di tamba dengan Polindes,” terangnya

    Untuk mendapatkan akreditasi tersebut, menurtnya lagi, tentu harus melakukan persiapan-persiapan maupun mempunyai komitmen semuanya dalam hal kebersama tim serta gotong royong.

    Kemudian ditambahkan Porluhutan kembali, bahwa dinas Kesehatan Kabupaten Katingan sangat mendukung proses penilaian akreditasi Puskesmas Kasongan yang dia harap bisa tercapai nantinya.

    Dilain kesempatan, kepala UPTD Puskesmas Kasongan, Bersinoce Wiwi juga ikut berkomentar, menurutnya pelaksanaan natal ‎ yang digelar Puskesmas Kasongan sebagai bentuk rasa syukur, karena sudah diberikan kesehatan, kekuatan oleh Tuhan kepada semua masyarakat Kasongan.

    Selain itu juga perayaan natal tersebut adalah salah satu awal dari rangkaian pelayanan yang sudah dilakukan oleh UPTD Puskesmas Kasongan sesuai yang sudah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan.

    “Bahwa UPTD Puskesmas Kasongan pada tahun ini mengikuti penilaian akreditasi. Tujuan akreditasi ini yaitu ‎untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas, kemudian peningkatan administrasi dan manajemen serta meingkatkan usaha kesehatan masyarakat dan meningkatkan usaha kesehatan perseorangan,” ucap Bersinoce Wiwi

    ‎Pihanya berharap dukungan dari semua pihak terkait agar proses akreditasi tersebut nantinya bisa brjalan lancar tanpa kendala apapun.Oleh karena itu, Puskesmas Kasongan kedepan akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.‎

    “Dengan harapan, kami bisa mencapai target untuk penilaian akreditasi tersebut, oleh karena itu, setidaknya kami bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,”pungkasnya.

    Sekedar informasi bahwa pada acara tersebut turut hadir kepala desa Tumbang Liting, ketua RT, masyarakat setempat serta keluarga besar UPTD Puskesmas Kasongan.
    (ar/beritasampit.co.id)