Pecahkan Rekor MURI, HUT Kotim Ke 65, Berhadiah Sepeda Motor Lo…!

    SAMPIT – Dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-65 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), rencananya akan tercatat di Musium Rekor Indonesia (MURI), yakni dengan penyajian nasi kuning terbanyak.

    Adapun acara akbar tersebut mendapat respon positif dan apresiasi dari Manajer MURI, Andre Purwandono yang baru tiba di Sampit, Sabtu (6/1/2018)

    “Kami menyambut positif ide ini dengan harapan bermanfaat bagi masyarakat. Nasinya dibagikan kepada masyarakat, apalagi ini merupakan promosi sajian dan beras khas daerah,” ujar Andre

    Acara yang akan dilaksanakan pada Minggu (7/1/2017) besok pagi bertempat Stadion 29 November Sampit nantinya akan dinilai langsung oleh Manajer MURI Andre Purwandono dan Representatif MURI Lutfisyah.

    Penilaian pun akan dilakukan sebelum upacara HUT ke-65 Kotim, Setelah penilaian. Kemudian MURI akan mengumumkan apakah rekor penyajian nasi kuning terbanyak tersebut dinyatakan berhasil atau tidak.

    Acara kemudian dilanjutkan upacara dipimpin Bupati H Supian Hadi. Selanjutnya, acara diisi dengan makan bersama 5.000 nasi kuning yang terbuat dari beras lokal yakni siam epang yang merupakan beras khas Kotim.

    Dalam penjelasan Manajer MURI, Andre Purwandono bahwa rekor penyajian nasi kuning terbanyak sebelumnya dibuat oleh Manado dengan jumlah nasi kuning sebanyak 2.000 porsi pada 2007 lalu. Sesuai standar MURI, rekor dinyatakan terpecahkan jika penambahan jumlah minimal 10 persen dari rekor sebelumnya, berarti minimal 2.200 porsi.

    “Kalau nanti benar 5.000 porsi, maka tentu Kotawaringin Timur memecahkan rekor MURI untuk penyajian nasi kuning terbanyak. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Andre.

    Dilain kesempatan, sekretaris panitia, Muhamad Indra menuturkan bahwa persiapan untuk pemecahan rekor MURI tersebut sudah siap dilaksanakan dengan persiapan yang sudah mencapai 98 persen.

    “Sekarang ini persiapan sudah mencapai 98 persen, saat ini penyelesaian akhir di lapangan,” ujar Indra sapaanya

    Kemudian, pria yang juga menjabat Sekretaris Karang Taruna Kotim ini menyampaikan bahaw selain acara pemecahan rekor MURI nantinya ada pembagian puluhan hadiah yang akan diundi melalui kupon yang ditaruh pada bungkus nasi.

    “Puluhan hadiah sudah disiapkan, yakni dengan hadiah utama berupa sepeda motor dan barang elektronik yang berasal dari sumbangan seluruh SOPD dan donatur lainnya,” ujarnya

    Kemudian jelas Indra kembali, dalam penyajian nantinya akan menggunakan mangkok yang dihias sedemikian rupa dengan tampilan yang menarik dan tentunya bersih serta sehat untuk dikonsumsi.

    Pemerintah daerah mempercayakan pelaksanaan kegiatan tersebut kepada 2 irganisasi kepemudaan yakni Karang Taruna dan KNPI Kotim.

    Adapun Kegiatan tersebut nantinya akan melibatkan peserta dari pelajar, pramuka, ASN, TNI, Polri, perwakilan kecamatan masing-masing 50 orang serta masyarakat umum.
    (fzl/beritasampit.co.id)