Tes Kesehatan Balon Pilkada Sukamara Akan Dilaksanakan di Pangkalan Bun

    SUKAMARA – Ketua KPU Sukamara, Mat Saleh mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan MoU dengan Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati yang telah mendaftar pada 12 Januari sampai 14 Januari 2018

    “Jadi para balon yang sudah mendaftar kami beri surat pengantar agar mereka bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Imanuddin Pangkalan Bun,” kata Mat Saleh, Senin (8/1/2018).

    Mat Saleh menerangkan bahwa berdasarkan ketentuan yang berlaku saat ini pemeriksaan kesehatan para pasangan calon bupati dan wakil bupati di rumah sakit tipe A atau setidaknya tipe B.

    “Nah di Kalimantan Tengah hanya ada tiga rumah sakit dengan tipe B yaitu rumah sakit di Palangka Raya, Sampit dan Pangkalan Bun, kita memilih yang terdekat,” terang Mat Saleh.

    Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan meliputi tiga unsur yaitu jasmani yang akan diperiksaan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kesehatan rohani diperiksa oleh Himpsi atau Himpunan Psikologi Indonesia dan terkait penyalahgunaan narkotika akan diperiksa oleh BNN.

    “Jadi nanti ada tiga unsur yang akan diperiksa yaitu jasmani, rohani dan penyalahgunaan narkotika,” tukas Mat Saleh. (sya/beritasampit.co.id)