DPRD Katingan Diharapkan Memperjuangkan Aspirasi Masyarakat Tumbang Sanamang, Kenapa !!!‎

    KASONGAN – Masyarakat Tumbang Sanamang kecamatan Katingan Hulu, menyampaikan aspirasinya kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, khususnya wakil rakyat asal daerah pemilihan Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Katingan Hulu, Petak Malai, Marikit dan Bukit Raya. Salah satu aspirasi dimaksud adalah pembangunan pelabuhan dan Pelayanan Kesehatan di Tumbang Sanamang.

    “Karena, pelabuhan yang dibangun sejak Katingan bergabung dengan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) itu tidak layak lagi digunakan dan Pelayanan Kesehatan disinipun masih kurang,” Terang tokoh Masyarakat Mastoril, kepada beritasampit.co.id, Selasa ( 9/1/2018).

    Mastoril kembali menjelaskan, bahwa ‎pada saat itu, ‎ada sejumlah masyarakat di lingkungan tersebut pernah tergelincir di pelabuhan. Salah satunya, seorang pasien dari satu Desa di Kecamatan Katingan Hulu.

    Tujuannya untuk ‎ berobat di PuskesmasTumbang Sanamang. Satu-satunya jalan menuju Puskesmas yang ada di kecamatan Katingan Hulu, dengan menggunakan kelotok.

    Ketika singgah di pelabuhan tersebut dan melangkah ke lantainya, secara tidak sengaja menginjak lantai pelabuhan yang sudah lapuk dimakan usia, dan jatuh ke sungai.

    “Dalam keadaan mengigil, pasien terpaksa digotong ke atas tebing, kemudian diantar ke Puskesmas yang tidak jauh jaraknya dengan pelabuhan tersebut. Nah Saya Juga harapkan Pelayanan Kesehatan disini juga harus maksimal. karena sering saya dengar, bahwa masyarakat yang ingin berobat tidak dilayani dengan baik, pasalnya kebanyakan perawat atau dokternya asik dengan HPnya saat melayani masyarakat yang ingin berobat. Itulah yang saya maksud, sehingga pelayanan lah terlebih dulu di utamakan,” terangnya.

    Terkait dengan pelabuhan tersebut, merupakan satu-satunya pelabuhan untuk menaikan penumpang dari berbagai Desa dan sebagai pelabuhan berlabuhnya masyarakat setempat yang berurusan di kantor Camat di Tumbang Sanamang sebagai ibukota kecamatan Katingan Hulu, dan sebagai pelabuhan singgahnya kelotok masyarakat dari berbagai desa yang ingin berobat di Puskesmas.

    “Oleh karena, kami berharap kepada anggota DPRD setempat dapat memperjuangkan aspirasi ribuan masyarakat Katingan Hulu ini menjadi program prioritas di dalam APBD 2018 Mendahului Perubahan nanti,” haraapnya.

    Terkait dengan pelabuhan ini pula, menurutnya, beberapa waktu lalu dirinya atas nama ribuan masyarakat kecamatan Katingan Hulu, juga pernah menyampaikan permohonan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Katingan.

    “Proposal yang ditandatangani oleh puluhan warga di kecamatan Katingan Hulu ini disertai pula dengan sejumlah foto pelabuhan dengan kondisi yang ada saat ini,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)