Hore… Puskesmas Rawat Inap Mandomai Diresmikan

    KUALA KAPUAS – Puskesmas Rawat Inap Mandomai, yang berada di Jalan Bakti Husada, Kelurahan Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas diresmikan Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, Kamis (11/1/2018).

    Usai diresmikan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi, beserta jajarannya, di dampingi Kepala Puskesmas menggunting pita yang di pasang di depan pintu masuk dari tempat pelayanan kesehatan tersebut.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi, menerangkan, bahwa UPT Puskesmas Rawat Inap Mandomai merupakan bangunan lama yang kemudian direhab kembali serta diperluas. Termasuk, kata dia, bangunan puskesmas yang ada di belakang.

    “Jadi bangunan puskesmas ini merupakan bangunan lama yang kondisinya sudah rusak berat, lalu kita hapus dan kita ganti untuk puskesmas baru dengan standar Permenkes Tahun 1975,” ujarnya.

    Lanjut Apendi, perbaikan bangunan puskesmas itu sebagai upaya menghadapi akreditasi, sehingga benar-benar menjadi puskemas yang memiliki standar pelayanan kesehatan sesuai dengan Permenkes.

    “Jadi puskesmas harus standar rapat inap, dan luas ruangan juga harus sesuai dengan ketentuan yang diisyaratkan dalam Permenkes,” katanya.

    Dengan diresmikannya puskesmas itu, Apendi berharap pada tahun 2018 UPT Puskesmas Rawat Inap Mandomai dapat menjadi salah satu puskesmas di Kabupaten Kapuas yang telah terakreditasi.

    “Karena kalau puskesmas belum terakreditasi maka tidak bisa bekerjasama dengan BPJS,” ucapnya. (irfan/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)