Ini Harapan Legislator dan Warga Kepada Ketua RT 059 MB Hilir Ketapang Yang Baru

    SAMPIT – Terpilihnya Ketua RT baru, disambut meriah dan berbagai harapan realisasinya kedepan. Hal itu terungkap dalam syukuran terpilihnya Ketua RT 059 RW 009 Jl. H. Ikap, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, yang digelar Sabtu (13/01/2018) malam.

    Saat di hadapan tamu undangan, Ketua RT 059 terpilih Hermasyah, disodori banyak harapan dari warganya yang menginginkan adanya perubahan yang lebih baik di RT tersebut.

    “Saya ucapkan selamat atas terpilihnya Bapak Herman sebagai Ketua RT 059 yang baru. Harapannya pembangunan disini lebih bagus lagi, lingkungan lebih bersih. Terutama jalan masuk perumahan warga supaya diaspal. Sebab jalan disini sudah bertahun-tahun tidak ada perhatian,” kata Arif, salah seorang warga setempat.

    Pada Kesempatan yang sama, Penasihat warga RT 059, H Yusdianur, mengatakan bahwa ada banyak tugas-tugas yang diberikan Pemkab Kotim kepada Ketua RT.

    Karena Menurutnya, Ketua RT bukan hanya ketua sekelompok komunitas tingkat RT, tetapi adalah perwakilan pemerintahan tingkat yang paling bawah.

    ”Dengan dikukuhkan Ketua RT 059 yang baru ini bisa langsung berkerja dan juga langsung bisa menjalankan tugas pokok fungsi ketua RT yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apabila menemui kendala dilapangan Ketua RT dapat langsung bisa melakukan musyawarah dan berkomunikasi dengan ketua rw, pihak kelurahan, atau bhabinkamtibmas dan bhabinsa,” terangnya.

    Sementara, Hermasyah sendiri mengatakan berterimakasih atas kepercayaan yag diberikan kepadanya. Sehingga dengan dirinya menjabat sebagai Ketua RT baru, Herman bisa saling memberika masukan untuk belajar dalam mengorganisir dan mengelola kehidupan bermasyarakat.

    “Selaku pengemban amanah untuk menjabat sebagai ketua RT 059/RW 009, menyadari bahwa amanah ini merupakan tugas yang sangat berat, yang hanya bisa dilaksanakan bila kita semua saling bekerja sama. Untuk itu, sebelum acara malam ini diadakan, kami telah mempersiapkan susunan pengurus serta menyampaikan pikiran-pikiran utama yang akan menjadi landasan program kerja pengurus RT 059 mendatang,” katanya.

    Diantara program yang segera dilaksanakan adalah meningkatkan silaturahmi antar warga, meningkatkan kepedulian sosial antar warga, serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup, baik lingkungan sosial maupun lingkungan alam sekitar berkaitan dengan kebersihan, keindahan, dan kesehatan.

    “Terima kasih buat seluruh warga yang telah mempercayakan jabatan RT ini kepada saya. Amanat ini Insya Allah akan saya jalankan dengan sebaik-baiknya,” tambah Hermansyah lagi

    Adapun yang hadir pada acara tersebut yakni anggota DPRD Kotim Jainudin Karim yang berkesempatan hadir, Ketua RW 009 Susilo yang juga merupakan Ketua Kadin Kotim.

    Kemudian lagi juga turut hadir Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda, Karang Taruna, LMK, FKDM dan kader PKK, serta ratusan warga sekitar.

    Untuk diketahui, beberapa waktu lalu warga RT 059 yang terdiri dari 256 kepala keluarga ini telah melakukan pemilihan Ketua RT baru.

    Hal ini dilakukan untuk mengganti Ketua RT sebelumnya yang sudah habis masa jabatanya.

    Mengenai demokrasi yang terselenggara di tingkat RT tersebut, Anggota DPRD Kotim Jainudin Karim menuturkan dan mengapresiasi, bahwa menurutnya pendidikan demokrasi dari tatanan kecil dan dimulai dari baeah sudah dilaksanakan RT 059 MB Hilir Ketapang dengan baik.

    ”Saya sangat mengapresiasi kepada 256 kepala keluarga di RT 059 ini yang melakukan proses demokrasi tingkat terendah dalam kelembagaan masyarakat yakni Pemilihan Ketua RT secara langsung sebagaimana Pemilihan Presiden, Gubernur, Kepala Daerah atau pun legislatif,” ujar politisi Gerindra tersebut.

    Praktik demokrasi dari bawah itu, menurutnya spesial, karena proses pemilihannya berlangsung demokrasi berdasarkan pilihan warga.

    Itu sebabnya setelah terpilih dan dikukuhkan, ketua dan pengurus RT dapat langsung bekerja melayani warga. Seraya mendukung program kerja kelurahan dalam menggenjot pembangunan kawasan.

    ”Pengurus RT sebagai mitra pemerintah diminta mampu mengayomi seluruh lapisan masyarakat. Serta melayani warga dengan sabar dan ikhlas. Jangan pernah aji mumpung dalam bekerja. Optimalkan pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya.

    (jun/Berita Sampit).

    (Visited 109 times, 1 visits today)