Jaga Ketertiban Umum, Pol PP Kapuas Gelar Patroli Empat Kali Sehari

    KUALA KAPUAS – Untuk menjaga ketertiban umum di Kabupaten Kapuas, khususnya di wilayah perkotaan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat rutin melakukan kegiatan patroli pengawasan. Dalam sehari, patroli itu dilakukan sebanyak empat kali.

    Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kapuas, Drs Yunabut, mengatakan, patroli yang dilakukan pihaknya itu merupakan patroli pengawasan demi terjaga dan terpeliharanya ketertiban umum.

    “Agar terjaga ketertiban umum, kita dalam sehari melakukan patrolinya empat kali. Dua kali kita lakukan disiang hari, dan dua kalinya kita lakukan malam hari,” ujarnya, kepada beritasampit.co.id, di ruang kerjanya, Rabu (17/1/2018).

    Lanjut Yunabut, patroli pihaknya itu sering dilakukan di daerah perkotaan, namun tidak menutup kemungkinan juga ke luar daerah perkotaan, seperti ke Kecamatan Kapuas Hilir.

    “Setiap hari kita patroli, kita berkeliling kota. Itu dilakukan untuk melihat apakah ada pelanggaran terhadap Perda (Peraturan Daerah, red) ketertiban umun, seperti bangunan tidak sesuai ketentuan, juga PKL (Pedagang Kaki Lima) yang menaruh gerobak atau bahan dagangannya diatas trotoar dan tempat yang tidak diperbolehkan,” ungkapnya.

    Kalau pihaknya menemukan ada pelanggaran, sambung Kadis Satpol PP dan Damkar Kapuas itu, maka akan diambil tindakan persuasif terlebih dahulu. Jika bandel, maka tindakan tegas dilakukan.

    “PKL misalnya, apabila mereka berjualan diatas trotoar, dan kita lakukan persuasif tetap bandel, maka gerobak dan barang dagangannya akan kita angkut, dan kita tahan selama satu hari,” pungkas Yunabut.

    (irfan/beritasampit.co.id)