Kesbangpol Pulpis Pantau Setiap Tahapan Pilkada

    PULANG PISAU – Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Pulang Pisau sudah berjalan. Berbagai tahapan Pilkada ini mendapat pemantauan langsung dari Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pulpis.

    Kepala Kesbangpol Pulpis, Swady mengatakan, pemantauan atau monitoring Pilkada ini memang menjadi salah satu tugas dari Kesbangpol. Mulai dari proses pendaftaran bakal pasangan calon, penetapan pasangan calon, cabut nomor hingga kampanye dan pemilihan.

    “Artinya aman atau tidak semua tahapan yang sudah berjalan. Karena kami juga membuat laporan ke Kemendagri melalui dirjen yang khusus membawahi masalah politik,” kata Swady, Rabu (17/1/18)

    Ia menambahkan, monitoring yang dilakukan itu terkait tugas Panwaslu dan KPU. Apakah semua yang sudah terjadwal itu dijalankan atau tidak.

    “Kalau ada temuan kami bisa memberitahukan kepada Panwaslu. Monitoring ini kami lakukan hanya ingin memastikan semua tahapan berjalan baik,” ujar dia.

    Swady mengungkapkan, jangan heran ketika pihaknya datang ke KPU dan Panwaslu. Ditakutkan, ada yang nanti mempelintir bahwa ada ASN yang terlibat politik dan sebagainya.

    “Saya tegaskan bahwa ini memang tugas Kesbangpol. Monitoring ini memang harus kami lakukan untuk mengetahui bagaimana kesiapan dan tahapan yang sudah dilaksanakan,” tutupnya.

    (pra/beritasampit.co.id)