Polres Katingan Kerahkan 210 Personil Amankan Pilkada

    KASONGAN – Sebanyak dua pertiga pesonil atau sama dengan 210 personil Polres Katingan dikerahkan untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) setempat. Ssjumlah personil itu terbagi dari perangkat operasi maupun satgas-satgas.

    Demikian dikatakan oleh Kapolres Katingan AKBP Ivan Adityas Nugraha SIK, Melalui Kabag Ops Kompol Sumarsono, kepada beritasampit.co.id, Kamis (18/1/2018).

    Selain personilnya, pihaknya juga mendapat Bantuan Kendali Operasi (BKO) Polda Kalteng untuk kabupaten Katingan yang awal ini ada 17, dan nanti mendapatkan BKO juga 2 Pleton dari Brimob sebanyak 31 orang, Ditsabhara 31 orang. Kemudian ditambah‎ lagi Tim BKO PAM TPS, ada 20 orang dan dari intelijen 5 orang.

    “Itu akan ditempatkan saat tujuh hari sebelum pencoblosan dan tujuh hari setelah pencoblosan rencananya seperti itu.‎ Dengan harapan kepada seluruh pengaman ini tentu tetap siaga, apalagi di KPU ini kerawananya kita sudah tau. Kita juga kerjasama dengan Satpol PP maupun Damkar, bagaimana untuk mengerakkan sampai akhir pentahapan Pilkada di Katingan ‎dalam rangka antisipasi jangan sampai terjadi hal-hal tidak di inginkan,” jelasnya.

    Pihaknya juga berharap, Pilkada kali ini bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan Bupati dan Wakil Bupati Katingan yang amanah, bisa membawa Katingan lebih maju lagi. Bagi pihaknya, sambung Sumarsono, sebagai aparat keamanan siapapun yang akan memimpin akan didukung. Kemudian dalam pengamanan tentunya menjaga stabilitas atau memelihara stabilitas keamanan, hingga katingan ini betul-bentuk menjadi Kabupaten yang mandiri.

    “Tentu kita dari kepolisian pasti menjaga Netralitas, karena sudah ada peraturan Kapolri atau perintah Kapolri bahwa anggota kepolisian wajib netral dalam menjalankan tugas. Sebab, kita tidak memihak satu calon pun yang kita bela dan sebagainya. Karena kita adalah sebagai aparat keamanan bagaimana menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah ini dengan baik,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)