Bupati Katingan Harapkan Penyuluh Pertanian dan Perikanan Katingan Bekerjasama

    KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas berharap, pertemuan teknis penyuluhan pertanian dan perikanan Kabupaten Katingan diharapkan menghasilkan keluaran berupa persepsi dan gerak langkah yang sama dalam membangun pertanian dan perikanan yang benar-benar terpadu dari seluruh komponen/sektor bidang yang mendukung pambangunan.

    “Kemudian kepada peserta pertemuan penyuluhan agar bekerjasama dengan baik dan sungguh-sungguh mendukung dan melaksanakan program Pemerintah demi terwujudnya kemandirian, kedaulatan dan ketahanan pangan,” ucap bupati saat membuka acara di Aula Kantor Kesbangpol dan Linmas Setempat, Rabu (24/1/2018).

    Sakariyas juga mengatakan, Kegiatan tersebut salah satu untuk menjawab tantangan pembangunan Pertanian dan Perikanan, karena ini didukung oleh payung hukum yakni undang-undang nomor 16 tahun 2006 tentang sistem penyuluhan pertanian dan perikanan.

    “Sistem ini merupakan proses pembelajaran bagi pelaku utama agar mau dan mampu mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, pendapat dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkunfan hidup,” pungkasnya.

    Sementara, dalam Laporannya Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Katingan Ir. Hendri mengatakan sasaran kegiatan pertemuan teknis adalah penyuluh PNS/CPNS, Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantuan Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) , dan Tenaga Harian Lepas Petugas Organisme Pengganggu Tanaman (THL-POPP) se kabupaten katingan. Sedangkan keluaran yang dinginkan dari kegiatan ini adalah terlaksananya pertemuan teknis penyuluh tahun 2018.

    “Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 24 – 26 januari 2018 yang dilaksanakan di aula Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Linmas Kabupaten Katingan yang diikuti sebanyak 90 orang, terdiri dari 13 orang kepala UPTD pertanian dan perikanan katingan, 2 orang kordinator penyuluh, 75 orang penyuluh PNS/CPNS, THP-TBPP dan THL-POPT Katingan,” jelasnya.

    Narasumber yang akan memberikan materi pada kegiatan pertemuan teknis penyuluhan pertanian dan perikanan ini diantaranya yaitu dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalteng dan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan.

    (ar/beritasampit.co.id)

    (Visited 5 times, 1 visits today)