Peserta Pilkada Dihimbau Bersaing Sehat

    KUALA PEMBUANG – Para peserta bakal calon (Balon) kepala dan wakil kepala daerah yang akan ikut bersaing dalam penyelenggaraan pesta demokrasi pada Pilkada serentak 2018 tahun ini, dihimbau dapat bersaing secara ‘sehat’.

    Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, H. Ahmad Ruswandi kepada wartawan, Kamis (24/1/2018).

    Begitu juga ujarnya, bagi tim peminangan masing-masing pasangan calon nantinya, agar dapat bersaing saing pada saat pelaksanaan Pilkada ini, baik pada saat pelaksanaan kampanye maupun pada saat hari H nya nanti.

    Sehingga, diharapkan tidak adanya gejolak ataupun menimbulkan ‘suasana panas’ baik sesama calon, maupun para pendukung masing-masing. “Kita harapkan pada saat kampanye nantinya, aman dan lancar,” ucapnya.

    Selain itu lanjutnya, pihaknya juga menghimbau agar pada pelaksanaan kampanye, hendaknya antara satu pasangan calon dengan pasangan lainnya, antara satu pendukung dengan pendukung lainnya, tidak saling menjelek-jelekan atau berusaha saling menjatuhkan.

    Tetapi hendaknya bisa bersaing secara sehat dengan berkampanye yang sifatnya mengajak masyarakat untuk peduli terhadap daerah. Yakni tidak menggunakan money politik, kekerasan, intimidasi dan sebagainya, tetapi hendaknya bersaing dengan sehat dan bermartabat.

    “Setidak-tidaknya saat berkampanye yang disampaikan adalah seputar visi dan misinya untuk memimpin Seruyan lima tahun kedepan, nanti silahkan masyarakat yang menilai, mana yang menruut mereka yang sesuai dengan hati nurani mereka,” katanya.

    Apalagi ujarnya, sampai membawa-bawa SARA pada saat kampanye, maka dirinya sangat menentangnya. Karena, hal itu akan berdampak negatif terhadap kondusifitas daerah yang sejak lama memang dalam keadaan kondusif, aman dan damai.

    Oleh karenanya, dirinya menghimbau kepada para peserta dan tim pemenangan serta para pendukung masing-masing pasangan calon, hendaknya arif dan bijaksana.

    “Kita harapkan seluruh kandidat atau peserta Pilkada tidak menggunakan politik yang kurang sehat guna meraih simpati masyarakat. Tapi hendaknya dapat bersaing secara sehat dan bermartabat. kita persilahkan saja kepada masyarakat untuk menentukan pilihannya masing-masing, karena pemilihan itu sifatnya bebas, dan rahasia,” tukasnya.

    (sti/beritasmapit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)