Sejumlah Koperasi di Kotim Bermasalah Dalam Rumah Tangga, Ini Pendapat Rudianur

    SAMPIT – Kurangnya pemahaman kepengurusan selalu saja berdampak pada rumah tangga terkait bidang perkoperasian di sektor pertanian atau Plasma mitra perusahaan perekebunan kelapa sawit di Kotim ini.

    Pemicunya adalah tidak terlaksananya Rapat Anggota Tahunan (RAT), atau RAT yang hanya dilakukan tanpa sepengetahuan anggota koperasi itu sendiri, sehingga selalu membuat masalah besar dalam suatu koperasi berbentuk Plasma tersebut.

    Menanggapi hal ini, Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur, mengungkapkan, tingginya tingkat permasalahan diinternal suatu koperasi di Kotim ini akibat kurangnya keterbukaan, dan pembinaan oleh kepengurusan suatu koperasi itu sendiri.

    “Kita kira, bukan rahasia umum lagi kalau hampir rata – rata pengoperasian berbentuk plasma mitra dari kebun ini, banyak yang bermasalah di internal mereka sendiri, entah apakah ini karena kurangnya pemahaman kepengurusan ataukah memang instansi terkait yang kurang pembinaan,” ungkapnya Rabu (24/1/2018)

    Anggota legislatif asal partai Golkar ini juga meminta agar permasalahan diinternal koperasi bisa diselesaikan secara musyawarah dan mufakat, agar tidak merambah dan menambah beban kepada koperasi itu sendiri.

    “Tidak mungkin dalam permasalahan internal saja pengurus suatu koperasi tidak mampu menyelesaikannya, apalagi itu hanya masalah dengan anggota saja, utamakan langkah musyawarah,agar masalahnya tidak berbuntut panjang,” tutup.

    (drm/beritasampit.co.id)