Tahun Ini, Pelabuhan Segintung Operasional

3231

KUALA PEMBUANG – Pelabuhan Teluk Segintung yang dicanangkan dan ditargetkan pemerintah pusat untuk segera dioperasionalkan sepertinya akan terwujud.

Pasalnya, tahun 2018 ini pemerintah daerah telah menganggarkan dana 43 miliar untuk peningkatan hingga pengaspalan jalan poros dari bundaran satu hingga kepelabuhan Segintung.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kuala Pembuang melalui petugas status hukum kapal dan sertifikat, Abdullah mengatakan, saat ini pembangunan sisi laut pelabuhan tersebut sudah rampung.

Namun, ada beberapa kendala untuk percepatannya diantaranya persiapan disisi darat yang masih kurang, salah satuya ketersediaan jalan menuju pelabuhan.

Baca Juga:   Wakapolres Seruyan Pimpin Sertijab Kasat Lantas

Menurutnya, saat ini untuk difungsikan memang sudah bisa, akan tetapi karena jalan dari pelabuhan itu menuju Kuala Pembuang kondisinya tidak memadai untuk akses kendaraan roda empat.

Sehingga, fungsionalnya terlambat dan belum bisa dengan cepat. Dikatakannya, untuk kantor, terminal bahkan tempat penumpukan barang sudah ada, namun jalannya belum bagus dan ini kendalanya, katanya.

Abdullah mengungkapkan, pada tahun 2017 pemerintah pusat masih memberikan bantuan anggaran untuk membantu pembangunan sarana dan prasaran disisi darat pelabuhan untuk menunjang operasional itu.

Baca Juga:   Disdukcapil Seruyan Terus Tingkat Pelayanan Sampai Pelosok

Saat ini pihaknya masih menunggu perbaikan jalan poros dari Kuala Pembuang ke pelabuhan Segintung yang telah dianggarkan pemda pada APBD murni 2018, semoga peningkatan dan pengaspalan jalan bisa selesai.

“Bila pengaspalan jalan selesa maka kita siap untuk mengoperasionalkan pelabuhan Segintung,,” ucapnya. Menurutnya, jika pelabuhan tersebut beroperasional tentu akan berdampak pada perkonomian masyarakat dan PAD Seruyan akan meningkat.

(sti/beritasampit.co.id)