Ini Himbauan Kemenag RI Terkait Gerhana Bulan Total untuk Kaum Muslim

    SAMPIT – Pada rabu tanggal 31 Januari 2018 M bertepatan pada tanggal Jumadil Ula 1439 H mulai pukul 18:48:27 WIB. Hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati GBT. Puncak Gerhana akan terjadi pada pukul 20:29:49 WIB dan akhir GBT pukul 22:11:11 WIB.

    Untuk itu, Kementrian Agama Republik Indonesia mengeluarkan himbauan atau Press Release Sholat Gerhana Bulan (Shalat Khusuf) yakni :

    1. Melakukan solat sunah gerhana berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Dan dianjurkan sunah (Muakkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu.

    2. Dianjurkan bertakbir terlebih dahulu, selain itujuga dianjurkan memperbanyak dzikir, istighfar, dan amalan-amalan kebajikan lainnya.

    3. Disamping itu kami menghimbau agar umat islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara.

    Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Samsudin M.Ag membenarkan hal tersebut saat di konfirmasi.

    “Sebelumnya kita cek dahulu karena kami belum menerima surat ini. Tapi kita mencoba untuk menanyakan ke Kanwil dulu, setelah di konfirmasi ternyata sudah ada kabar dari Kanwil benar ada gerhana bulan dan di himbau untuk shalat gerhana,” ungkap Samsudin, Rabu (24/1/2018)

    (jmy/beritasampit.co.id)

    (Visited 4 times, 1 visits today)