Ini 3 Zona Merah Pada Pilkada Katingan Tahun 2018

    KASONGAN – Kepala Badan Kesbagpol dan Linmas Kabupaten Katingan Akhmad Muntu SH, melalui kepala bidang (kabid) Kewaspadaan Wanto S.Sos mengatakan, ada 3 wilayah dari 13 kecamatan yang di Kabupaten Katingan yang dianggap rawan atau masuk zona merah dalam pelaksanaan Pilkada di tahun 2018.

    Adapun ke 3 wilayah tersebut yaknin wilayah kecamatan Katingan Hilir, Katingan Tengah dan Katingan Kuala.

    “Masalahnya ketiga wilayah kecamatan ini memiliki warga terbesar dari 13 wilayah kecamatan di bumi Penyang Hinje Simpei ini, dengan demikian pemilihnya pun diperkirakan lebih banyak juga,” jelas Wanto, Kamis (25/1/2018).

    Oleh karena itu, kerawanan politik dimaksud menurutnya, Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Katingan sudah melakukan pemetaan wilayah bersama instansi vertikal seperti TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya.

    Adapun langkah-langkah untuk menekan kerawanan di 3 wilayah kecamatan tersebut.

    Pihak Kebangpol dan Linmas setempat sudah melakukan kerjasama dengan instansi vertikal dimaksud.

    Dengan setiap moment yang dilakukan oleh Satuan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan selalu dihimbau untuk menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

    “Contohnya, disaat moment Musyawarah Perencnaan Pembangunan (Musrenbang) di empat zona nantinya Kesbangpol dan Linmas akan melakukan himbauan di tengah moment tersebut,” jelas laki-laki yang memang bertugas menangani konflik pengawasan orang asing dan interkam tersebut.

    Sehingga, lanjut Wanto, para pelaksana dan peserta Musrenbang tingkat kecamatan sampai tingkat Kabupaten nantinya tetap komitmen dalam mempertahankan empat consensus.

    Diantaranya yakni tetap menjaga keutuhan Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI).

    Wanto berharap, baik sejak tahapan awal maupun di tahap akhir Pemilu Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Katingan, bahkan sampai ke pelantikan nanti tetap dalam keadaanbaman dan kondunsif.

    (ar/beritasampit.co.id)

    (Visited 6 times, 1 visits today)