Ini Tanggapan Direktur Walhi Nasional Terkait Wacana Pemindahan Ibu Kota Negara ke Palangka Raya

    PALANGKA RAYA – Wacana pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia dari DKI Jakarta ke Palangka Raya tampaknya mendapat perhatian yang serius dari berbagai pihak. Tak terkecuali dari NGO (Non Govermental Organization) Wahana Lingkungan Indonesia (Walhi) Nasional.

    Saat diwawancarai oleh wartawan beritasampit.co.id, Direktur Eksekutif Walhi Nasional, Nur Hidayati, mengatakan, bahwa mereka tidak memandang pemindahan ibu kota negara tersebut sebagai solusi.

    Dia menilai, bahwa jika model pembangunan yang direncanakan tersebut masih menggunakan model lama, maka hasilnya hanya akan memindahkan permasalahan yang ada di Jakarta ke Palangka Raya.

    “Jika ada permasalahan seperti banjir, polusi dan macet hendaknya dicari solusinya dan jangan dipindahkan ke tempat lain. Apalagi Kalteng ini punya potensi untuk membangun dengan cara yang alternatif” ucap perempuan yang biasa disapa Yaya itu.

    Selain perlu adanya kajian yang lebih matang lagi terkait dengan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangka Raya, Yaya mengatakan bahwa sebenarnya masyarakat Palangka Raya lah yang berhak menilai apakah pemindahan ibu kota RI tepat atau tidak.

    (apr/beritasampit.co.id)