Puluhan Peserta Pramuka Saka Bhayangkara Ini Jalan Uji Krida Melalui Hiking Kota

    KASONGAN – Sebanyak 50 orang peserta Pramuka Saka Bhayangkara Polres Katingan, mengikuti kegiatan Hiking atau perjalanan kota untuk uji kompetensi empat Krida yakni Krida Lalu Lintas (Lantas), Ketertiban Masyarakat (Tibmas), Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP), dan Penanganan dan Penanggulangan Bencana ( P2B), di sekitar jalan Kota Kasongan, Minggu (28/1/2018).

    “Krida adalah satuan terkecil dari Pramuka Saka Bhayangkara Polres Kabupaten Katingan yang berjumlah delapan orang yang memiliki keahlian khusus,” ucap Pamong Saka Bhayangkara Polres Katingan, Brigpol Michael Rahail, minggu (28/1/2018).

    Dijelaskannta, bahwa empat Krida yang diberikan wawasan kepada peserta pramuka, seperti Krida Lantas, yakni tentang pengaturan lalu lintas, pemahaman 12 gerakan Lalu Lintas maupun Undang -Undang Lalu Lintas. Kemudian Krida TPTKP yakni, dasar olah tempat kejadian perkara, dasar identifikasi Laka Lantas dan mengamankan barang bukti Laka Lantas dan pengamanannya.

    “Lalu untuk Krida Tibmas yaitu salah satunya dengan memberikan arahan dan himbauan kepada Poskamling tentang penjagaan dan pemilik toko agar tetap menjaga keamanan rumah dan barang apabila hendak meninggalkan rumah. Dan yang terakhir Krida P2B, yaitu untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat yang terkena bencana alam, serta ikut dalam tugas kepolisian membantu evakuasi bencana alam,” terang Michael rahail yang juga mantan Satbrimobda Kalteng ini.

    Sehingga, kata dia, maksud dari semua pemaham itu, agar peserta pramuka Saka Bhayangkara ini dapat memahami dan mendapatkan keterampilan khusus dari kepolisian untuk membantu tugas kepolisian serta masyarakat dalam pelayan pelindung pengayom masyarakat.

    “Kegiatan yang positif ini dengan harapan, dimana untuk mendidik dan memberikan wawasan tentang tugas-tugas kepolisian serta dapat menyaring ilmu -ilmu setiap Krida, guna membantu tugas kepolisian kedepannya nanti,” terangnya.

    Di tempat yang sama, Pamong Muda Saka Bhayangkara Polres Katingan Fieky Falindo Wahyu W, mengatakan, peserta Pramukan yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 50 orang Laki-laki dan Perempuan yang berasal dari perwakilan setiap sekolah-sekolah yang ada di Katingan yang sudah menempuh tingkatan Pramuka Bantara.

    “Mereka ( Peserta Pramuka) sangat antusias mengikuti kegiatan Hiking atau perjalan Kota dalam pengambilan empat kriteria Krida tersebut. Kegiatan ini juga sudah berjalan sesuai rencana walaupun sedikit meleset dari waktu yg ditentukan, karena ada sesuatu dan lain hal. Dalam penjelasan materi dari pos pertama san terakhir, mereka dapat dikatakan lancar,” terang Fiki.

    Fiki berharapkan, peserta pramuka ini bisa menerapkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan dan dipraktekkan disekolah-sekolah dan gugus depan masing -masing. maksudnya apabila sudah lulus dari Pramuka Saka Bhayangkara tersebut sudah memiliki keterampilan dan Kompetensi yang dimiliki masing-masing.

    (ar/beritasampit.co.id)