HPMKT-Yogyakarta Gelar Ceramah Kebangsaan Pererat Kebhinekaan

    YOGYAKARTA – Himpunan Pelajar Mahasiswa Kalimantan Tengah (HPMKT)-Yogyakarta menggelar ceramah kebangsaan, di Gedung Grand Pelita, Yogyakarta, Selasa (30/1/2018).

    Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Perayaan Natal dan Do’a Bersama untuk Bangsa itu berlangsung khidmat, dihadiri oleh pelajar dan mahasiswa Kalteng di Jogja, serta pelajar mahasiswa dari berbagai provinsi se-Indonesia.

    Ketua HPMKT, Asrari Puadi, mengatakan, acara ini sebagai bagian dari upaya untuk merespon dari keadaan sosial yang semakin hari semakin rentan oleh pengaruh dari narasi kebencian.

    “Kami di Kalimantan Tengah ada namanya falsafah Huma Betang yang nilai-nilainya selaras dengan nilai yang ada dalam Pancasila, apalagi kita akan memasuki tahun politik, tahun ini saja ada 11 Kabupaten/Kota di Kalteng yang akan menggelar Pilkada dan tahun depan ada Pilpres. Lewat kegiatan ini, kami ingin sampaikan kami yang di Jogja tidak ingin narasi kebencian terus terproduksi hanya untuk berebut kuasa, tidak baik bagi masa depan anak bangsa,” ujarnya mahasiswa berkuliah di Pascarsajana Universitas Gadjah Mada itu.

    Adapun pada agenda ceramah kebangsaan, HPMKT mengundang Dr A Teras Narang, SH (Gubernur Kalimantan Tengah 2005-2015) yang mengisi ceramah dengan tema ‘Menyemai Kepemimpinan Huma Betang Dalam Kasih’.

    Dalam ceramahnya, Teras, mengungkapkan, bahwa anak muda harus banyak belajar memperbaiki kualitas kepemimpinan diri, karena ke depan di era bonus demografi peran pemuda semakin vital dan menentukan nasib bangsa ke depan.

    “Seorang pemimpin dalam melaksanakan kepemimpinannya juga dituntut dapat memiliki paling tidak 5 (lima) faktor yang fundamental, yaitu : Kritis, Konstruktif, Konstitusional, Kebersamaan, dan Kesantunan,” jelasnya. (tim/beritasampit.co.id)

    (Visited 6 times, 1 visits today)