Masyarakat Diharapkan Peduli Sampah

    KUALA PEMBUANG – Masyarakat di wilayah Kabupaten Seruyan diharapkan kepeduliannya terhadap sampah, khususnya saat membuang sampah agar tidak membuangnya disembarang tempat.

    Hal ini diungkapkan salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Eti Suwarti kepada wartawan, (30/1/2018)

    Karena ujar anggota dewan dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini, membuang sampah di sembarang tempat akan menyebabkan berbagai macam dampak negatif di lingkungan sekitar.

    Misalnya, akan menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan bau, kemudian dampak lainnya menyebabkan mudahnya berbagai macam bibit penyakit bersarang. Sehingga, akhirnya hal itu akan dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan warga setempat.

    “Kalau kita membuang sampahnya sembarangan, ya tentunya akibatnya banyak sekali, baik terhadap lingkungan maupun terhadap kesehatan kita sendiri”, ujarnya.

    Dalam hal ini ujar anggota dewan dari Dpail II ini, untuk menjadikan masyarakat peduli terhadap hal tersebut, maka diperlukan pemahaman dan penyuluhan atau sosialisasi terhadap masyarakat.

    Hal ini agar masyarakat dengan penuh kesadaran, tentang pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat, maka tidakakan sembarang lagi membuang sampahnya.

    “Memang kita akui, untuk membuang kebiasaan itu agak susah dan sulit. Tapi ini memang perlu kita berikan pemahaman agar mereka mengerti betapa pentingnya arti lingkungan yang bersih dan sehat itu. Kalau mereka mengerti dan paham, saya rasa mereka sedikit demi sedikit akan peduli terhadap sampah yang ada di sekitarnya”, terangnya.

    (sti/beritasampit.co.id)