Puluhan Tiang Pancang Milik DPU Ketapang Nyasar ke Sukamara, Kok Bisa, Begini Ceritanya..?

    SUKAMARA – Puluhan tiang pancang yang berada diatas Jembatan Jelai sejak pekan lalu cukup membuat masyarakat Kabupaten Sukamara bertanya-tanya, pasalnya tiang yang biasanya digunakan untuk kontruksi bangunan seperti jembatan itu diletakkan begitu saja diatas jembatan.

    Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sukamara menyatakan bahwa puluhan tiang pancang yang hingga saat ini berada diatas jembatan Jelai bukan miliki mereka.

    Kepala Dinas PUPR Sukamara, Kantet Sri Waluyo mengatakan bahwa puluhan tiang pancang jembatan itu adalah milik dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat yang ternyata salah kirim.

    “Kita sudah melakukan konfirmasi ke pihak PU Ketapang ternyata itu salah untuk kirim, tiang pancang itu harusnya dikirim ke jembatan Jelai 2 diwilayah Kalbar dan kontraktornya salah kirim justru dikirim ke Jembatan Jelai kita,” ujar Kantet saat dikonfirmasi Beritasampit.co.id, Rabu (31/1/2018).

    Menurutnya, puluhan tiang pancang itu harusnya dikirim ke jembatan Jelai 2 yang merupakan anak Sungai Jelai namun masuk diwilayah Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

    “Kemungkinan kontraktornya mengira itu jembatan Jelai 2 adalah jembatan kita, dan nanti akan mereka ambil karena memang untuk pembangunan disana (jembatan Jelai 2, Ketapang),” ucap Kantet.

    Sedangkan untuk kelanjutan pembangunan jembatan Jelai Sukamara yang masih belum rampung hingga saat ini, Kantet menerangkan bahwa kelanjutan pembangunan jembatan tersebut tinggal tanggungjawab Pemkab Ketapang, lantaran tanggungjawab Pemkab Sukamara telah selesai dengan pembangunan jembatan tersebut.

    “Kita tidak bisa melakukan pekerjaan diwilayah Kalbar, namun dari informasi terakhir yang kami dapat pengerjaan jembatan Jelai diserahkan ke pihak Provinsi Kalbar, jadi kita akan menyurati Pemprov Kalteng untuk diteruskan ke Pemprov Kalbar,” terang Kantet.

    Dengan terhubungnya wilayah Sukamara dan Ketapang akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, karena itu Pemkab Sukamara terus melakukan berbagai upaya agar jembatan tersebut bisa cepat dikerjakan kelanjutannya dan fungsional.

    (enn/beritasampit.co.id)