BPS Kalteng: Januari 2018 Kalteng Alami Inflasi 0,45 Persen

    PALANGKA RAYA – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar press release terkait dengan perkembangan indeks harga konsumen (IHK) selama bulan Januari 2018 pada Kamis (1/2/2018) di aula BPS provinsi Kalteng.

    Kepala BPS Provinsi Kalteng, Hanif Yahya dalam pemaparan data yang disampaikan kepada awak media menyampaikan bahwa sepanjang januari 2018 Kalimantan Tengah telah terjadi inflasi sebesar 0,45 persen.

    Inflasi yang terjadi dilihat dari andil dua daerah di Kalteng yang mengalami inflasi yakni Palangka Raya dengan inflasi 0,31 persen dan Sampit dengan inflasi 0,69 persen yang menempatkan dua kota tersebut pada peringkat ke- 67 dan ke- 35 inflasi secara nasional.

    “Selama Januari 2018 ini inflasi di Palangka Raya dan Sampit disebabkan oleh kenaikan pada kelompok bahan makanan diantaranya meliputi ikan patin, ayam ras, udang basah, beras, jeruk dan cabe rawit,” jelas Hanif Yahya

    Meskipun demikian. Lanjutnya lagi, bahwa selama Januari 2018 dari 9 kota yang terpilih sebagai acuan IHK di wilayah Kalimantan yakni Palangka Raya yang masuk dalam kategori kota dengan inflasi rendah dan meskipun Sampit masuk kota dengan kategori inflasi tinggi.

    (apr/beritasampit.co.id)

    (Visited 4 times, 1 visits today)