Ini Pesan Bupati Katingan Terhadap Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan

866
Bupati Katingan, Sakariyas

KASONGAN – Bupati Katingan, Sakariyas, mengatakan, bahwa dengan dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ditingkat Kecamatan se- Kabupaten Katingan, yang dimulai dari zona IV atau di wilayah kecamatan Bukit Raya pada tanggal 5 Februari 2018 mendatang, diharapkan kepada masyarakat di masing-masing desa agar menyampaikan aspirasinya yang menyangkut pembangunan di desanya. Baik yang sudah, sedang maupun yang akan datang.

“Khusus untuk aspirasi yang disampaikan untuk pembangunan ke depan, yang disampaikan itu agar benar-benar yang mendesak kebutuhannya. Sehingga bisa dipertimbangkan oleh masing-masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD),” terang Sakariyas, belum lama ini.

Kemudian, kepada masing-masing SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten setempat, dalam mengakomodir aspirasi masyarakat di masing-masing kecamatan agar diperhatikan dengan jeli dan cermat. Pasalnya, apa yang disampaikan oleh masyarakat kepada kepala desa

Baca Juga:   Festival Tandak Intan Kaharingan Ke VII Tingkat Kabupaten Katingan Dipusatkan di Tumbang Sanamang

(Kades) dan disampaikannya lagi ke Camat, belum tentu pas dengan maksudnya.

Sehingga SOPD yang menerima aspirasi yang disampaikan masyarakat melalui Camat pada agenda Musrenang nanti harus dijelaskan lagi kepada Camat atau masyarakatnya.

“Sehingga agenda Musrenbang ini

benar-benar sinergi dalam merekrut aspirasi dimaksud. Maksud saya, jangan sampai nantinya ada aspirasi masyarakat yang benar-benar kebutuhannya mendesak, tapi justru terpangkas atau tidak diprioritaskan menjadi program di tahun mendatang. Atau sebaliknya ada kegiatan atau program yang sebenarnya tidak menjadi kebutuhan, namun tiba-tiba diprogramkan untuk di tahun mendatang,” ucap Sakariyas yang juga Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Katingan ini.

Baca Juga:   Sakariyas Ingatkan Kepala Puskesmas, Kendaraan Operasional Jangan Digunakan Ngangkut Kayu

Terkait dengan Musrenbang dimaksud menurutnya, merupakan salah satu tahapan dalam menyusun perencanaan pembangunan secara rutin yang selalu kita laksanakan setiap tahunnya. Namun, pada proses tahun ini memiliki makna tersendiri bagi Pemkab Katingan. Karena, Musrenbang RKPD pelaksanaan tahun 2018 ini nantinya akan menghasilkan dokumen RKPD tahun 2019 mendatang.

“Melalui Musrenbang ini pula, Agar berbagai program dan kegiatan yang diusulkan nanti dapat didiskusikan serta dikritisi secara konstruktif dan komprehensif. Sehingga, dapat menghasilkan dokumen perencanaan yang rational dan realitas sesuai dengan kemampuan pendanaan yang ada. “Untuk itu, segenap peserta Musrenbang nantinya, agar dapat berperan aktif untuk memberikan saran,” pungkasnya.

(ar/beritasampit.co.id)