SOPD Diharapkan Mampu Penuhi Target Serapan Anggaran

    KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, mengharapkan agar semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkup Pemkab Seruyan, mampu memenuhi apa yang ditargetkan dalam penyerapan anggaran pada setiap triwulan pada tahun 2018 ini.

    Hal ini dikatakan salah seorang anggota DPRD Seruyan, Koling Irawan ST kepada wartawan, (1/2/2018) di Kuala Pembuang.

    Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, seperti pada tahun-tahun sebeblumnya, biasanya dalam setiap per triwulan itu sudah ditetapkan besaran persentase serapan anggaran yang harus dipenuhi masing-masing SKPD.

    Yangmana, untuk triwulan pertama yang harus dipenuhi target serapan anggarannya yakni berkisar antara 20 hingga 30 persen, triwulan kedua biasanya 50 persen, triwulan ketiga antara 70 hingga 80 persen, dan triwulan keempat sudah mencapai 100 persen.

    Untuk itu ujar anggota dewan Dapil III ini, hendaknya seluruh kepala SKPD di lingkup Pmekab Seruyan agar dapat berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai target penyerapan anggaran yang telah ditentukan tersebut.

    Karena, serapan anggaran ini juga berkaitan dengan sejumlah program kegiatan yang telah diprogramkan. “Kalau target serapan ini tidak tercapai, tentunya ada program-program kegiatan yang tidak terlaksana, sehingga nanitnya juga akan berdampak terhadap realisasi fisik,” ujarnya.

    Disamping itu lannjutnya, karena adanya beberapa kegiatan yang tidak terlaksana menyebabkan, pembangunan yang ada juga akan terkendala. Sehingga, hal ini perlu menjadi perhatian bagi seluruh SKPD, jangan sampai pembangunan terhambat.

    Dan harus segera dicarikan solusinya, agar pembangunan tetap berjalan sesuai dengan yang direncanakan atau diprogramkan. “Untuk itu diharapkan semua kepala SKPD dapat bekerja keras agar sema program kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik,” katanya.

    (sti/beritasampit.co.id)