SOPD Dihaspkan Lebih Proaktif Gali PAD

    KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Hadinur mengharapkan kepada seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemkab Seruyan untuk lebih proaktif lagi dalam menggali Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2018 ini.

    Menurut politisi PDIP ini, seluruh SOPD agar memiliki inovasi dan kreatif dalam menggali potensi PAD bagi yang memiliki potensi menghasilkan PAD. Untuk itu Pemerintah Daerah jangan hanya mengandalkan anggaran pemerintah pusat.

    “Pemerintah daerah harus kreatif dalam mengelola potensi yang ada, sehingga sedikit demi sedikit kita bisa menghilangkan ketergantungannya dari pusat,” katanya, (6/2/2018).

    Lanjut Hadinur, SOPD yang punya wewenang dan berpotensi menghasilkan PAD agar lebih proaktif lagi dan diminta untuk tidak berpatokan pada besarnya anggaran untuk melaksanakan progran kerja tahunan.

    Sebab jika hanya mengandalkan anggaran yang diposkan pada SKPD masing-masing, maka dikhawatirkan akan terjadi kemunduran dari aspek pembangunan.

    “Untuk itu SOPD lebih kreatif dengan menjalankan program yang menggandeng pihak swasta yang ada diwilayah Seruyan, ujarnya.

    Selain itu, target perolehan PAD yang ditetapkan SOPD juga harus rasional serta sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

    “Jangan sampai ada SOPD yang sengaja menargetkan perolehan PAD rendah agar bisa dicapai bahkan dilampaui targetnya agar terlihat berhasil atau menjadi sebuah prestasi, katanya

    Dirinya meminta kepada pihak Pemkab agar dapat melakukan evaluasi capaian target perolehan PAD yang ada SOPD. Sehingga dengan adanya evaluasi tersebut diharapkan dapat mengetahui kendala yang dihadapi oleh SOPD yang bersangkutan, tukasnya.

    (sti/beritasampit.co.id)