Diawal Tahun Ini, Indeks Keyakinan Konsumen di Kalteng Melemah

    PALANGKA RAYA – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Kalimantan Tengah menggelar release bulanan tentang Indikator Makro, dilaksanakan, Rabu (7/2/2018) di La Sarai Cafe and Resto, Jalan MH Thamrin, Kota Palangka Raya.

    Dalam paparan yang disampaikan oleh Asisten Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalteng, Setian, mengatakan, bahwa memasuki tahun 2018 terdapat indikasi pelemahan konsumsi masyarakat.

    “Kondisi tersebut dapat dilihat dari adanya penurunan indeks keyakinan konsumen (IKK). Dimana IKK di bulan Januari 2018 menurun dari 122,25 menjadi 108,60,” ucapnya.

    Melemahnya konsumsi masyarakat Kalteng pada periode Januari 2018 menahan laju inflasi pada level yang cukup terkendali, yakni sebesar 0,45 persen.

    Trend sinyal pelemahan konsumsi masyarakat Kalteng, lanjut Setian, pada bulan Januari 2018 sejalan dengan peningkatan level jumlah perputaran uang yang melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng.

    Adapun selama bulan Januari 2018, telah tercatat bahwa arus perputaran uang di Kalteng mencapai jumlah sebesar Rp825,75 Miliar atau turun sebesar -58,97 persen (mtm) dari bulan sebelumnya.

    (apr/beritasampit.co.id)

    (Visited 4 times, 1 visits today)