Dinkes Sukamara Rencanakan Tes HIV AIDS ke Seluruh PNS, Kapan?

    SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat berencana melakukan tes darah untuk pemeriksaan HIV AIDS bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).

    Namun rencana tersebut masih adakan dibahas terlebih dahulu dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukamara, apakah disetujui atau tidaknya program tersebut, tergantung dari keputusan KPA Sukamara.

    “Ini rencana kita ditahun 2018, untuk mengetahui penyebaran dan menanggulangi HIV AIDS di kalangan PNS,” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Sukamara, Benson Nababan, Jumat (9/2/2018).

    Menurutnya, dengan pemeriksaan sample darah dikalangan PNS akan segera diketahui apabila ada yang mengidap penyakit tersebut, sehingga dapat segera mendapat pengobatan.

    “Karen penyakit ini tidak seperti penyakit biasa yang gejalanya langsung terlihat, butuh wakti hingga 5 tahun sampai gejala dari penyakit ini muncul, karena itu pemeriksaan yang dilakukan lebih awal akan dapat memudahkan untuk penyembuhan,” jelas Benson.

    Sedangkan untuk jumlah penderita HIV AIDS di Kabupaten Sukamara pada 2017 lalu tercatat ada 3 orang, yang hingga saat ini berada dalam pengawasan Dinas Kesehatan setempat.

    “Kita sebagai fasilitator, untuk pengobatan dan penyembuhan ada di pihak rumah sakit, tahun lalu ada 3 penderita yang masih menjalani pengobatan,” tukas Benson.

    (enn/beritasampit.co.id)