Kodam XII/Tanjungpura Apel Gelar Pasukan TNI Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Tahun 2018

    KUBU RAYA – Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura menggelar Apel Gelar Pasukan TNI Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Tahun 2018 di wilayah Kodam XII/Tanjungpura. Kegiatan itu dilaksanakan di lapangan Keras Makodam XII/Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang, No.1, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (8/2/2018).

    Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi mengatakan, kehidupan demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat. Selain itu, untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan.

    “Kita telah melihat proses pendewasaan demokrasi yang sedang berlangsung, dimulai dari tahap transisi demokrasi, dengan melakukan pembelajaran terhadap setiap prinsip-prinsip demokrasi. Melalui penguatan dan pematangan dasar-dasar dalam kehidupan berdemokrasi, menuju konsolidasi demokrasi hingga tahap pemantapan demokrasi,” kata Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    Dikatakan Pangdam XII/Tanjungpura, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat ditandai dengan akuntabilitas pemerintah, tegaknya supremasi hukum, kuatnya partisipasi masyarakat dalam politik, kepatuhan masyarakat terhadap hukum, serta terselenggarannya Pilkada yang aman dan demokratis.

    “Mengingat arti penting dan strategisnya Pilkada bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintah dalam membangun untuk mencapai tujuan negara, maka dengan segala sumber daya yang ada untuk selalu bekerja sama yang sinergis dengan semua komponen lainnya, agar pesta Demokrasi Pilkada Serentak Tahun 2018 dapat berjalan aman, jujur, adil dan demokratis,” ucap Pangdam, memaparkan.

    Dijelaskan Pangdam XII/Tanjungpura, dalam rangka menjamin stabilitas keamanan selama berlangsungnya Pilkada, agar mengedepankan kegiatan preventif, yang didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum dalam rangka mengamankan setiap inti tahapan Pilkada memberikan perkuatan kepada Polri.

    Mencermati tantangan tugas dalam pengamanan Pilkada, Pangdam perintahkan kepada seluruh peserta apel kesiapan, untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pilkada dengan sebaik-baiknya.

    Selalu berupaya mewujudkan terciptanya situasi yang kondusif, agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pilkada, serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai dengan hati nuraninya.

    “Marilah kita jadikan kegiatan ini untuk memantapkan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta menyukseskan Pilkada Tahun 2018, sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    (Pendam XII/Tpr)