Pembangunan Infrastruktur di Kapuas Murung Terus Dilanjutkan

    KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas, Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kapua, Ary Egahni Ben Bahat SH, meresmikan secara langsung Kantor Kepala Desa Mampai dan Gedung PAUD Holistik Terintegratif (HI) Bukhari Mampai, di Desa Mampai, Kecamatan Kapuas Murung, Rabu (7/2/2018).

    Ben Brahim dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kapuas secara khusus di wilayah Kecamatan Kapuas Murung terus dilanjutkan. Ia menginformasikan l, bahwa jalan dari Palingkau ke G1 dan dari G1 ke A5 akan diperbaiki dan diaspal, sedangkan SP1 dan seterusnya aka nada penanganan dari Kabupaten.

    “Jadi harap bersabar, kita teruskan dan tuntaskan. Lanjutkan dan tuntaskan. Saya kalau melihat jalan sakit rasanya sakit juga dan menderita,” ucapnya.

    Sementara itu, Ketua TP PKK Kapuas, Ary Egahni, mengungkapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Kepala Desa Mampai, dan warganya yang menyiapkan sarana dan prasarana bagi Pendidikan Anak Usia Dini yang ada di desa tersebut.

    Ia berharap, dengan adanya layanan PAUD HI dan didalamnya ada BKB (Bina Keluarga Balita), maka lahirlah ayah dan ibu yang hebat, dengan lahirnya orang tua yang hebat maka anak-anaknya menjadi cerdas dan pintar sesuai tahapan usianya menjadi lapar dan haus akan dunia pendidikan.

    “Orang tua harus bermimpi besar walaupun sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Untuk itu saya berharap anak-anak dari Desa Mampai nanti ada yang menjadi Camat, Kepala SOPD, Bupati bahkan Presiden,” tekannya.

    Ary Egahni juga mengajak, baik orang tua, kakek dan nenek yang memiliki anak dari 0 sampai 6 tahun untuk mengantarkan anak-anaknya ke Pos Layanan PAUD HI Bukhari, dengan harapan sesuai dengan tahapan usianya, mereka akan siap menjadi pemimpin masa depan.

    “Marilah semua dapat memelihara gedung ini, terlebih mendorong anak-anak usia dini datang ke gedung layanan PAUD HI ini, supaya anak-anak senantiasa haus dan lapar akan pendidikan dan dapat merubah nasib serta bermimpi besar tentang masa depannya,” kata isteri orang nomor satu di Kapuas itu.

    Lanjut Ary, dirinya juga mengungkapkan rasa terima kasihnya, karena selama 5 tahun sebagai Bunda PAUD Kabupaten Kapuas, yang tadinya angka partisipasi kasar PAUD hanya kurang lebih 30 persen, sekarang sudah melampaui 100 persen, sehingga meraih peringkat terbaik satu sebagai Pengelola PAUD HI Tingkat Nasional.

    Ditempat yang sama, Kepala Desa Mampai, Ati, melaporkan, bahwa pembangunan kantor desa melalui tiga tahap penganggaran yang diambil dari Dana ADD. Tahap pertama tahun 2016 dengan jumlah dana Rp161 Juta, tahap kedua tahun 2017 dengan jumlah dana Rp137,7 Juta, dan untuk penyelesaian dianggarkan di tahun 2018.

    Sedangkan pembangunan Gedung PAUD, lanjutnya, bersumber dari DD pada tahun 2017, dengan tahap pertama berjumlah Rp196 Juta, tahap kedua timbunan dan Mobiler dengan jumlah dana Rp82,9 Juta.

    “Pada tahun pelajaran 2017-2018, TK Bukhari memiliki 48 siswa, mulai umur 4 sampai 6 tahun, dan Kelompok Bermain Bunga Padi memiliki 23 orang siswa umur 2 sampai dengan 4 tahun. Pada tahun 2015 Kelompok Bermain Bunga Padi sudh terakreditasi dari Badan Akriditasi Nasional PAUD PNF Jakarta,” terangnya.

    (irfan/beritasampit.co.id)