Pasca Lulus Bingung Pilih Jurusan, SYC Adakan Dialog Bersama Pelajar

    SAMPIT – Puluhan pelajar dan mahasiswa adakan forum diskusi mengenai cerdas dalam memilih jurusan kuliah, Minggu (11/2/2018) di Panggung Taman Kota Sampit.

    Kegiatan ngobrol asyik yang merupakan kegiatan ruang inspirasi ke 2 yang diadakan oleh Sampit Youth Center (SYC) yang bergerak di bidang sosial dan kepemudaan

    Rezky Gustandi yang diakrab disapa dengan Riski merupakan ketua Sampit Youth Center (SYC)

    Ia juga adalah salah satu mahasiswa semester 4 berprestasi di Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

    Beberapa bulan yang lalu dia sempat diundang dalam forum sekala Internasional di Malaysia.

    Dialog yang bertajuk “Cerdas Memilih Jurusan Kuliah” tersebut dinarasumberi oleh M. Syiblunnur, M.H salah satu aktivitas yang aktif di berbagai organisasi sosial dan kepemudaan.

    Rezky mengatakan, diadakannya forum diskusi tersebut mencari solusi banyaknya mahasiswa yang sudah kuliah namun berhenti.

    Ada juga yang sudah semester 5 malah pindah jurusan, bahkan hampir 70 persen mahasiswa tidak mampu menyelesaikan kuliah tepat waktu sampai berakhir dengan Drop Out (DO).

    “Itu adalah salah satu fenomena yang menyedihkan, dan ini salah satunya akibat para pelajar yang baru lulus sekolah, kemudian kebingungan mengambil jurusan kuliah, serta tidak sesuai dengan bakat yang ada dalam dirinya,” terangnya

    Dia (Riski) berharap agar kegiatan tersebut mendapat apresiasu serius dari Pemerintah Daerah.

    Karena kegiatan yang dihadiri pelajar yang hampir lulus sekolah tersebut. Masih bersifat swadaya dari beberapa anggota.

    “Nantinya, mereka ingin mengemas kegiatan yang mampu menghadirkan wacana solutif bagi pelajar maupun mahasiswa yang ada di Kotawaringin Timut,” ujar Risky

    Selain itu juga Ia mengajak agar semua lapisan baik itu masyarakat maupun mahasiswa dapat berkonstribusi bersama untuk membangun Kotawaringin Timur menjadi lebih baik menuju perubahan dan pencerahan.

    “Forum dialog yang digagas oleh Sampit Youth Center ini menjadi cacatan positif bagi kami yang masih duduk di bangku sekolah. Beberapa kampus sudah sosialisasi ke sekolah kami dan menawarkan berbagai macam jurusan, namun kami sebagai pelajar kebingungan dalam menentukan kampus dan jurusan yang akan diambil,” kata Dimas, salah satu siswa MAN Sampit yang hadir pada forum tersebut.

    (Sbn/beritasampit.co.id)