Untuk Memenuhi Surat Edaran Menteri ESDM PT.KPC Gelar K3

    PANGKALAN BUN – Untuk memenuhi Surat Edaran Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) dengan nomor : 3748/37/04/DBT/2017,Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

    PT.Kapuas Prima Coal (KPC), telah menggelar Upacara Peringatan Bulan K3 Nasional Senin (12/2/2018) di Pelabuhan Sungai Kalap Desa Bumi Harjo Kecamatan Kumai Kabupaten Ktawaringin Barat (Kobar).

    Menurut Padli Noor, Direktur Oprasional PT.KPC mengatakan kepada wartawan, kegiatan K3 ini rutin setiap tahun dilaksanakan pihaknya dengan didahului surat perintah dari menteri ESDM RI.

    akegiatan upacara peringatan Bulan K3 Nasional diisi dengan simulasi,serta pemaparan materi Basic Safety (Dasar-Dasar K3) di Port Site Pelabuhan Kalap Desa Bumi Harjo Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar

    “Maksud dan tujuan membudayakan K3 dilingkup perusahaan. Karena budaya K3 merupakan faktor utama dalam membentuk karakter karyawan. Dan budaya itu adalah kebiasan karyawan harus selalu bekerja dengan SOP dan JSA serta mengenali rizk dan hazard setiap jenis dan sifat pekerjaan termasuk menjauhkan karyawan dari tindakan tidak yang tidak terpuji,” ungkap Fadli Noor.

    Dijelaskan Fadli Noor, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara kita untuk mensosialisasikan K3 kepada seluruh karyawan agar selalu bersikap dan berperilaku aman (save behavior) dalam melakukan pekerjaan sehari-hari agar terhindar dari kecelakaan kerja

    Selain itu juga lebih lanjut Padli mengatakan bahea kegiatan itu juga merupakan bagian Program K3 PT. KPC yakni Prima Safe yang merupakan tools atau panduan bekerja aman bagi karyawan PT. KPC.

    Pada kegiatan tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Teknik Tambang PT KPC Tri Eko Animunarto.

    Seusai acara dilakukan pemberian safety reward, kemudian simulasi Penggunaan APAR dan Simulasi Basic Life Support (First Aid) serta Pemaparan materi terkait Basic Safety (Dasar-Dasar K3).

    Tercatat ada sebanyak 18 karyawan yang sudah melewati masa kerja lebih dari 10 tahun (1dekade) menerima penghargaan. Sedangkan 11 orang karyawan pelabuhan menerima Safety Award. Diharapkan dengan pemberian award ini menambah motivasi karyawan dalam bekerja dan semakin sadar akan pentingnya K3.

    (Man/beritasampit.co.id)