Panglima Kodam XII/Tanjungpura : Pisahkan Antara Politik dan Agama

    PONTIANAK – Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, didampingi Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos, Tanda Tangani Deklarasi Tokoh Agama Untuk Pilkada Provinsi Kalimantan Barat 2018, dilaksanakan di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (13/2/2018).

    Dalam kesempatan tersebut Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi menyampaikan, deklarasi damai sudah dua kali dilaksanakan yang pertama pernyataan damai dari para Tokoh Etnis, dan sekarang deklarasi damai dari Tokoh Agama.

    “Deklarasi damai tokoh agama dan tokoh etnis ini, ikut disosialisasikan hingga ke umat, sehingga tidak hanya di tingkat tokoh saja. Apalagi deklarasi sudah dua kali dilakukan, kemarin lintas tokoh etnis, sekarang tokoh agama,” ujar Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    Selain itu, Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi mengajak, untuk semua pihak agar bisa memisahkan antara politik dan agama.

    “Ini memilih Pemimpin, dan itu merupakan keharusan agar dapat melanjutkan roda Pemerintahan menuju masyarakat yang adil dan makmur, jadi deklarasi ini adalah pernyataan sikap bersama, artinya semuanya menginginkan sesuatu yang damai,” tegas Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    Perlu diketahui, tercatat ada sekitar 184 tokoh agama dan anggota FKUB Kalbar serta Forkopimda Kalbar yang ikut dalam deklarasi damai untuk Pilkada Kalbar tahun 2018.

    Usai acara sambutan dilakukan penandatanganan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Persekutuan Gereja Indonesia Wilayah (PGIW), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi), dan Majelis Tinggi Agama Konghucu (Matakin).

    Kemudian dilanjutkan penandatanganan Deklarasi oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat Drs. Dodi Riyadmadji, MM, Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono, SH., MH, Kakanwil Kementerian Agama Kalbar Drs. Ridwansyah, M.Si, serta Ketua FKUB Kalbar Dr. Ismail Ruslan.

    (Pendam XII/Tpr/ beritasampit.co.id)