Visioner, Kepala Desa Tumbang Sepan Bangun Pembangkit Listrik Gunakan ADD

    KUALA PEMBUANG – Untuk mengatasi permasalahan terkait masih belum ada listrik di desanya, warga dari Desa Tumbang Sepan, kecamatan Seruyan Hulu berhasil mengembangkan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di desanya.

    Pembangunan PLTMH ini di inisiatif oleh kapala desa Tumbang Sepan, Jamaludin. Ia mengatakan sewaktu dirinya masih di Desa Tumbang Setawai, kecamatan Seruyan Hulu , dirinya pernah melakukan uji coba membuat PLTMH dengan metode yang sederhana menggunakan alat miliknya sendiri dan berhasil.

    “Nah, setelah saya pindah kesini pengalaman itu saya bawa dan saya coba juga terapkan disini,”ujarnya saat di lokasi PLTMH Tumbang Sepan, Rabu (14/2/18).

    Ia menjelaskan, untuk membangun PLTMH ini pihaknya mengeluarkan dana awal Rp. 500 juta dan dana pada tahun selanjutnya di keluarkan Rp. 300 juta lebih, jadi sampai saat ini sudah sampai 800 juta yang dikucurkan untuk pembangunan serta perawatan PLTMH ini.

    “selama ini kita masih banyak pembenahan, sambil kita pasang alat baru, karna baru tahun ini baru kita anggarkan panel box, air box nya belum kita pasang, Mungkin tahun ini sudah bisa kita maksimalkan,”katanya.

    Menurutnya, PLTMH ini mampu untuk memenuhi kebutuhan puluhan rumah yang ada di desanya.

    (rdi/beritasampit.co.id)