YK Bhayangkari Kalteng Gelar Baksos Tes IVA Gratis di Kapuas

    KUALA KAPUAS – Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 38, Yayasan Kemala (YK) Bhayangkari Daerah Kalimantan Tengah menggelar tes IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) secara gratis kepada ratusan perempuan di Kabupaten Kapuas.

    Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dan BPJS dipusatkan di halaman Mako Polres Kapuas, Rabu (14/2/2018).

    Dalam sambutannya, Ketua YK Bhayangkari Kalteng, Ny Lina Anang Revandoko, mengatakan, bahwa pemeriksaan iva dan sadanis ini adalah salah satu cara untuk mendekteksi kangker rahim kaum perempuan. Pemeriksaan ini, adalah alternatif yang baik karena lebih murah dan praktis.

    “Melalui kegiatan ini saya harapkan kepada ibu yang hadir dan yang lainnya untuk melaksanakan deteksi dini kangker rahim sebagai kebutuhan untuk mengindari dari kanker tersebut,” ungkap istri Kapolda Kalteng tersebut.

    Sementara itu, Kepala Dinkes Kapuas, Apendi, mengungkapkan, bahwa kaum perempuan punya peran vital dalam keluarga yang harus sehat secara fisik dan mental. Status kesehatan perempuan harus diwaspada, mengingat kanker payudara dan kanker leher rahim atau servick itu merupakan kanker utama penyebab kematian.

    “Kanker tersebut dapat dicegah bila secara rutin kaum perempuan sadar dan mau memeriksakan dirinya untuk deteksi kanker sejak dini,” terangnya.

    (irfan/beritasampit.co.id)