Simulasi Pengamanan Ini Tanda TNI-Polri Siap Amankan Pilkada Seruyan

    KUALA PEMBUANG – Disela kegiatan Deklarasi Kampanye Damai, Polres Seruayan menggelar simulasi Sitem Pengamanan Kota (Simpamkota), bersama anggota TNI, betempat di Stadion Mini Gagah Lurus, Kuala Pembuang, Minggu (18/02/2018).

    Kegiatan simulasi ini juga disaksikan oleh masyarakat Seruyan yang menghadiri kegiatan deklarasi tetsebut.

    Salah seorang warga, Deni, mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh TNI dan Polri ini. Karena dengan demikian, masyarakat merasa aman ketika kegiatan pesta demokrasi berlangsung.

    “Saya dari warga Kuala Pembuang senang, selain sebagai pencipta rasa aman ini juga menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi kami, seperti nonton film action,” katanya.

    Sementara itu, Kapores Seruyan, AKBP Nandang Mu’min Wijaya, mengatakan, pihaknya memang sengaja mengambil momen bersama KPU, yang intinya ingin memberikan pesan pada masyarakat bahwa TNI, Polri, KPU dan Panwas siap untuk mengamankan kegiatan Pilkada Serentak di kabupaten Seruyan.

    “Sekaligus kita memberikan pesan kepada masyarakat, untuk bersama menciptakan situasi aman dan damai dengan adanya simulasi tersebut,”ujarnya.

    Ia menambahkan, simulasi ini juga bertujuan untuk memberikan peringatan kepada para oknum atau pelaku kriminal untuk tidak mencoba mengganggu kedamaian terkait dengan berlangsungnya pesta demokrasi di Seruyan.

    “Meraka akan kita tindak tegas bila mengganggu kedamaian Pilkada, kita juga sudah solid dengan ketua KPU, Polres Seruyan, TNi bersama dengan Panwas beserta para tokoh masyarakat untuk menjaga situasi kondusif di Seruyan,” terangnya.

    Nandang berharap, agar kedepannya tidak terjadi tindakan kriminal serupa dengan yang saat itu disimulasikan ataupun jenis pelanggaran lainnya yang berdampak terhadap ketentraman masyarakat.

    “Jadi sebelum terjadi makanya kita sediakan payung atau langkah antisipasi nya untuk mencegah aksi kriminal tersebut,” tegasnya.

    Dilanjutkannya, bahwa Polres Seruyan akan menurunkan 2/3 kekuatannya untuk mengamankan Pilkada di Seruyan yang akan disebar di seluruh daerah. “Jumlah kita keseluruhannya ada 248, jadi dua pertiganya sekitar 188 personil,” pungkasnya.

    (rdi/beritasampit.co.id)