Pj Bupati Katingan: “Umat Islam Harus Mampu Mempertahankan Citra Islam yang Baik!!”

    Editor : A. Uga Gara

    KASONGAN – Pj. Bupati Katingan, Suhaemi membuka secara resmi Musabaqah Tilawatir Qur’an (MTQ) ke 13 tingkat Kabupaten Katingan. Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati melantik 53 orang Dewan Hakim, Juri dan Panitera. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Gagah Lurus Kasongan, Minggu (18/2/2018) malam.

    Dalam sambutanya, Suhemi berharap, kegiatan ini mampu memainkan peran penting bagi kemajuan pembangunan dan pemerintah Kabupaten Katingan. “Umat Islam harus mampu dan mempertahankan citra Islam yang baik, Islam yang mampu memberikan kontribusi pada kehidupan masyarakat, mampu menawarkan solusi pada berbagai permasalahan, serta mengayomi perbedaan yang ada,” ucap Suhaemi seraya berharap.

    Ditegaskan Suhaemi, Al Qur’an mengandung nilai-nilai yang berhubungan dengan keimanan, syariah, akhlak serta peraturan- peraturan yan mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial. “Al-Qur’an juga mengandung falsafah, kisah-kisah dan sumber dari segala ilmu pengetahuan sebagai pelajaran, nasihat dan pencerdasan bagi umat manusia,” jelasnya.

    Oleh karenanya, Suhaemi berharap, dengan semakin memahami kitab suci Al – Qur’an, para umat Islam akan semakin yakin akan baca dengan lantunan yang indah, semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan Al-Qur’an.

    “Ini juga diimplementasikan dalam tujuan Kabupaten katingan yaitu meningkatnya kualitas sumber daya manusia, yang salah satu aspek utamannya adalah pembangunan bidang mental spritual untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama,” ucapnya.

    “Sehingga terbentuknya masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, terbangunnya kerukunan kehidupan beragama berdasarkan Pancasila,” timpalnya.

    Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke 13, H. Nor Arifansyah mengatakan, kegiatan berlangsung dari tanggal 18- 22 Februari 2018 dengan jumlah kafilah dari 13 wiilayah kecamatan se Kabupaten Katingan sebanyak 585 orang peserta dan ofisial.

    Kegiatan ini memperlombakan 6 macam cabang, yaitu cabang Tilawatir Qur’an terdiri dari golongan Tartir Qur’an, Tilawah anak-anak, Tilawah Remaja Putera dan Tilawah Remaja Putri dan cabang Tahfis Qur’an, terdiri dari golongan 1 Jus, 5, 10, 20 dan 30 Jus.

    Kemudian, cabang Takhmil Qur’an, cabang Syahril Qur’an, cabang Qatir Qur’an, cabang Musaboqah Makalah Qur’an. Keenam cabang ini akan dinilai oleh 41 orang Dewan Hakim dan 12 Panitera Propesional.

    “MTQ kali ini merupakan ajang seleksi mencari peserta yang terbaik dari yang terbaik, sehingga nanti bisa mewakili Kabupaten Katingan pada MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Pulang Pisau,” tukasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)