PT BGA dan PT ASMR Siap Antisipasi Karhutla di Kobar

    PANGKALAN BUN – Untuk mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), PT Bumitama Gunajaya Abadi (BGA) dan PT Andalan Sukses Makmur (AMSR) sejak tahun 2015 lalu telah mencanangkan dan melaksanakan pendidikan program penanggulangan bencana karhutla.

    Oleh karenanya pada tahun 2016/2017 Karhula di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bisa diatasi dengan baik.

    “Mengatasi bahaya Karhutla PT BGA dan PT ASMR, selain mengatasi wilayah perkebunannya dan lahan masyarakat desa sekitar perkebunan, juga PT BGA/ASMR siap membantu menanggulangi karhutla di wilayah lain yang bisa terjangkau. Seperti halnya saat terjadi karhutla di Km 12-14 Jalan Trans Kalimantan Pangkalan Bun-Kolam,” kata Jauhari, Publik Affair Depertement PT BGA/ASMR saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, Kamis (22/2/2018).

    Terpisah, Prasetya Wibowo Asisten Sustainability PT BGA Kecamatan Kolam mengatakan, pada saat kejadian karhutla di Jalan Poros Pangkalan Bun-Kolam, Km 12-14, Sabtu (17/2/2018) telah menurunkan 15 personil dari Regu 3 Wilayah 5, dengan peralatan 16 Slang Gabang panjang 480 m dan 6 HT serta perlengkapan lainnya.

    “Tim personil dari kami bergabung dengan tim personil dari Polres Kobar Kodim 1014 Pangkalan Bun dan BPBD, bersama-sama memadamkan api di Km 12-14 Jalan Poros PBun-Kolam,” ujar Wibowo.

    Menurutnya, untuk mengantisipasi karhutla tahun ini, di area perkebunan sawit dan wilayah sekitar perkebunan di Kecamatan Kolam, pihak BGA telah stand by menyiapkan berbagai alat perlengkapannya. Seperti menyiapkan 10 unit pemadam, 24 unit mesin pompa portable, 10 tim inti regu pemadam (1 tim 15 orang) dan membentuk Tim Kelompok Tani Peduli Api di Desa Rungun dan Dersa Sakabulin.

    Selain itu, lanjutnya, juga sudah melaksanakan apel siaga karhutla bersama Polsek dan Koramil serta membuat posko siaga karhutla di PT BGA dan setiap harinya ada patroli bersama anatara PT BGA, Polsek dan Koramil.

    Jauhari menambahkan, untuk PT ASMR di Kecamatan Kumai juga sama, pihaknya telah stand bay siap mengatasi karhutla. Karena dalam menyikapi masalah kebakaran BGA Group termasuk PT BGA dan PT ASMR di Kobar, sebelumnya juga di tahun 2016/2017 telah melakukan serangkaian program kegiatan yang mengajak masyarakat untuk berperan aktif bersama-sama melaksanakan tindakan pencegahan Karhutla.

    Menurut Jauhari, dalam pencegahan Karhutla, perusahaan memperhatikan tiga aspek, yakni aspek oprasional teknis, kelembagaan dan partisipasi, melalui pemberdayaan masyarakat.

    Selain itu perusahaan juga sebelumnya telah melaksanakan berbagai pelatihan, cara-cara mengantisipasi pemadaman karhutla, secara periodik bersama seluruh karyawan dan masyarakat setempat serta lembaga pemerintah melalui dinas terkait.

    “Sehingga program tersebut,saat dilaksanakan bersama di lapangan karhutlah bisa diatasi,paling tidak bencana karhutlanya tidak sampai meluas,” ungkap Jauhari.

    (man/beritasampit.co.id)