Lowongan CPNS 2018, Tidak Ada Kouta Lulusan SMA

    KUALA PEMBUANG – Saat ini lowongan bagi lulusan SMA sederajat yang ingin menyandang status Aparatur Sipil Negara (ASN) mesti bersabar, karena dipastikan tidak ada lowongan bagi SMA sederajat.

    Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Seruyan Hartono SH, dari sebanyak 404 formasi jabatan yang diusulkan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI tidak ada formasi untuk lulusan SMA sederajat.

    “Dari usulan sebanyak 404 formasi CPNS ini disesuaikan dengan kemampuan penganggaran,” katanya, di Kuala Pembuang, Jumat (23/2/18).

    Ia menyebutkan formasi CPNS yang diusulkan selain guru dan tenaga kesehatan, juga tenaga fungsional tertentu dan tenaga teknis yang diprioritaskan untuk mendukung pembangunan infrastruktur.

    Selain itu, diusulkan juga formasi penyuluh pertanian, pranata komputer di tiap kecamatan dan auditor Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2PUD).

    Tambah Hartono, kemungkinan pemotongan kuota formasi CPNS yang diusulkan itu sekitar 30 persen.

    “Penetapan formasi dari pusat yang diberikan ke daerah tersebut diperkirakan bulan Maret nanti,” ucapnya.

    Oleh Karena itu, sekarang ini formasi jabatan apa saja yang disetujui Pusat dari 404 formasi CPNS yang diusulkan tersebut masih belum diperoleh jawaban resmi.

    Kapan penerimaan CPNS tahun ini akan dilaksanakan juga pihaknya masih belum mengetahui informasi resminya.

    (rdi/beritasampit.co.id)