Wakapolda Kalteng Cek Kesiapan Personel dan Peralatan Karhutla di Kobar

    PANGKALAN BUN – Wakapolda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Dedi Prasetyo, didampingi Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Sumarto, melakukan pemeriksaan kesiapan peralatan menghadapi kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Kobar, Jumat (23/2/2018).

    Turut hadir dalam pengecekan itu, Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Inf Wisnu Kurniawan, Danlanud Iskandar Letkol (Pnb) Ade Fitra, Kapolres Kobar AKBP Arie Sandi Zulkarnain Sirait, dan Wakapolres Kobar Kompol Dhovan Oktavianto.

    Dikesempatan itu, Dedi Prasetyo cek satu persatu peralatan memadamkan api saat terjadi Karhutla, mulai peralatan sederhana seperti alat untuk memadamkan api yang sebuat dari ban, karung maupun rotan. Sampai pemeriksaan peralatan pemadam kebakaran lainnya seperti Kesiapan mesin alkon serta selang untuk penyemprotan air.

    Nampak dia begitu teliti dalam pengecekan peralatan itu, satu persatu pensonil yang bertanggung jawab memegang peralatan kebakaran itu ditanya cara dan keefektifan peralatan yang ada.

    “Tahun 2018 Ini diperkirakan akan memasuki kemarau panjang, biasanya akan muncul Karhutla, untuk itu Kami pun melakukan kesiapan baik personil maupun peralatan dalam menghadapi Karhutla,” kata Kombes Dedi, usai mengecek lokasi karhutla di Km 12, Kelurahan Mendawai Seberang, atau jalan poros menuju Kotawaringin Lama.

    Ia menerangkan di dalam mengatasi Karhutla Polri selalu bersinergi dengan TNI maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

    “Kami mencegah Karhutla sejak awal agar tidak terjadi Karhutla seperti tahun 2015, setelah melakukan pengecekan pun kami akan lakukan rapat untuk membahas langkah apa yang lebih efektif dan sistematis langkah langkah apa yang akan direalisasikan dalam penanggulangan Karhutla, contohnya saja di Kobar hanya didua titik ini saja yang selalu terjadi kebakaran,” ungkapnya.

    (man/beritasampit.co.id)