Kelompok Krido Budoyo, Ajak Generasi Muda Lestarikan Kesenian Kuda Lumping

649

MUARA TEWEH – Kelompok Kesenian Tradisional Kuda Lumping “Krido Budoyo” yang ada di Desa Pandran Permai Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara, Minggu (25/02/2018) telah menggelar acara rutinan yakni pentas seni kuda lumping.

Menurut Rusito Sekretaris kelompok, pentas seni tersebut diadakan bertujuan untuk melestarikan budaya tradisional adat Jawa yang masih melekat dan perlu untuk dilestarikan.

“Kesenian ini hampir punah tergerus zaman karena itu kami gelar lagi agar masyarakat mengetahui seni ini dan untuk mengajak generasi pemuda agar lebih mencintai budaya tradisional salah satunya kesenian Kuda Lumping,” tuturnya.

Baca Juga:   ​WOW Katingan Musik Festival yang Bertemakan" Stop Narkoba" dikuti 90 Peserta

Selain itu Rusito tak ingin lagi budaya bangsa, khususnya Kuda Lumping diklaim negara lain.

Maka dari itu Rusito berpesan kepada pemuda-pemuda di Desa Pandaran Permai untuk aktif menjaganya dan turut melestarikan kesenian khas tanah Jawa asli Indonesia tersebut.

Tentunya dengan cara ikut serta mengetahui dan mengaplikasikan kebudayaan tersebut secara rutin pada setiap pagelaran seni kelompok kesenian Tradisional Kuda Lumping “Krido Budoyo”.

“Karena pemuda lah harapan bangsa yang wajib menjaga budaya-budaya yang ada di Indonesia. Jangan setelah diklaim negara tetangga baru marah-marah padahal sehari-hari kita tidak pernah tau apalagi mengaplikasikan kebudayaan tersebut,” tutupnya.

Baca Juga:   Pria ini Tak Kuasa Menahan Kenyataan, Akhirnya Pasrah Serahkan Diri

(Hdi/beritasampit.co.id).

Komentar Facebook

comments