Kapuas Bakal Kebagian 5 Buah Bus Sekolah Lagi dari Kemenhub

    KUALA KAPUAS – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Kapuas. Sebab, dalam waktu dekat bumi Tinggang Menteng Panunjung Tarung ini akan memiliki bus berukuran besar atau jumbo sebanyak lima buah. Bus itu nanti akan dioperasionalkan untuk melayani pelajar dan masyarakat di lintas Jalan Trans Kalimantan.

    Demikian hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas, I Made Sumartha, di Kuala Kapuas, Senin (26/2/2018).

    “Rencananya bus yang akan dibantu oleh Kementerian Perhubungan RI untuk Kabupaten Kapuas tersebut berjumlah 5 unit. Namun kita belum tahu pastinya, apakah rencana 5 unit itu disetujui semua atau ada pengurangan. Nanti dalam waktu dekat, kita akan dipanggil kembali terkait realisasi bantuan ini,” ungkal Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas, I Made Sumartha, Minggu (25/2).

    Lanjutnya, untuk administrasi seperti surat-surat dalam kepengurusan atau surat jalan menuju ke Kapuas sudah lengkap. Sedangkan titik tempat turun naik penumpang (halte) sudah dilakukan survei bersama balai perhubungan Palangka Raya.

    “Bus ini nanti seperti Bus Rapid Transit (BRT) yakni memiliki fasilitas yang cepat, nyaman, aman dan terjadwal. Adapun rute yang sudah kita sepakati yakni bus-bus ini nantinya semuanya akan dioperasionalkan setiap hari khususnya di lintas Jalan Trans Kalimantan yakni dari perbatasan Basarang-Pulang Pisau hingga perbatasan Anjir-Batola Banjarmasin, serta sejumlah titik lainnya. Bus ini akan terjadwal setiap harinya, jadi masyarakat tahu jam berapa bus ini akan ada di desa mereka,” beber mantan Kepala DPMDes tersebut.

    Mengenai biaya operasional, Made menerangkan, bahwa seluruh biayanya ditanggung oleh Pemkab Kapuas. “Biaya operasionalnya pun kini telah siap. Jadi bus ini gratis dan betul-betul ditujukan untuk melayani masyarakat Kapuas,” ucapnya.

    Untuk diketahui, pada dua tahun yang lalu kabupaten ini juga mendapatkan dua unit bus berukuran sedang dan sudah dioperasionalkan khusus bagi pelajar Kota Kapuas menuju ke Anjir, perbatasan Batola Kalsel.

    (irfan/beritasampit.co.id)

    (Visited 4 times, 1 visits today)