Lima Kandidat, Suparto Nyatakan Diri Siap Nakhodai KONI Katingan, Ini Janjinya?

    KASONGAN – Suparto, salah seorang anggota pengurus di Pengurus Cabang olahraga, Persatuan Penembang Indonesia ( Pengcab Perbakin) di Kabupaten Katingan, nyatakan diri siap untuk menjadi Ketua Komiti Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Katingan.

    Meskipun siap untuk memimpin KONI Kabupaten Katingan, mulai saat ini dirinya mengaku sudah pula mempersiapkan sejumlah persyaratan yang diminta oleh panitia pelaksana pemilihan ketua KONI untuk priode 2018 – 2022 yang akan digelar awal Maret 2018 nanti.

    Suparto, menambahkan jika nantinya terpilih dan dipercaya sebagai Ketua KONI, di bumi Penyang Hinje Simpei ini, dirinya berjanji akan membenahi manajemen KONI terlebih dahulu.

    Salah satu diantaranya adalah manajemen keuangan yang terkait dengan dana pembinaan. “Kalau dulu menjadi satu kesatuan antara dana pembinaan dengan dana kegiatan, untuk priode 2018 – 2022 nanti akan kita bagi dua, yaitu dana pembinaan dan dana kegiatan,” terang pria yang aktif di organisasi Pramuka ini.

    Dalam penjelasannya, dirinya menyebutkan pemisahan dimaksud, yaitu dana untuk kegiatan, adalah untuk membiayai segala kegiatan terkait cabang olahraga (Cabor). Misalnya, di cabor sepak bola, saat ingin mengikuti pertandingan ke luar daerah dan saat akan melaksanakan seleksi antar club Se-Kabupaten Katingan.

    Sedangkan dana untuk pembinaan khusus digunakan untuk mengadakan pelatihan di masing-masing cabor. Misalnya, melatih atlit tenis meja dan lain sebagainya.

    Jadi, masing-masing Pengcab diwajibkan untuk membuat Rancangan Anggaran Belanja (RAB), meskipun jadi satu RAB, namun di dalam RAB tersebut dibagi dalam dua bagian, yaitu bagian pembinaan dan bagian kegiatan.

    Kemudian, dibuat dalam bentuk proposal yang selanjutnya diusulkan kepada KONI Kabupaten Katingan.

    Di tempat terpisah, Risnaduar yang juga salah seorang pengurus di KONI ini, juga menyatakan siap juga memimpin KONI yang sudah berusia 15 tahun di Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini.

    Jika terpilih dan dipercaya nanti, sebagai ketua dirinya berjanji akan menjalin hubungan dan selalu berkomunikasi dengan berbagai komponen.

    “Secara detailnya akan saya sampaikan pada Musyawarah Kabupaten (Muskab) nanti,” ungkapnya diplomatis

    Sementara itu nama-nama calon lainnya seperti Samadi, Sardini dan Toni Yosepta juga telah mengklaim sudah mengantongi dukungan dari pengurus cabang olah raga Kabupaten Katingan dan siap berkompetisi merebut.
    (ar/beritasampit.co.id)