Sekilas Tentang Dr H Rahmat N Hamka SH MSi : Dari Ketua Kartar Kelurahan Jadi Anggota DPR RI

    Dr H Rahmat N Hamka SH MSi, merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2014-2019. Ia menjadi anggota legislatif setelah dilantik pada tanggal 5 Oktober 2015 menggantikan Willy M Yoseph yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Kalteng pada Pilkada Serentak 2015.

    Setelah Rahmat dilantik menjadi Anggota DPR RI, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Kabupaten Kobar. Karena Rahmat ini kelahiran di Pangkalan Bun, tanggal 23 Mei 1975. Dengan itu, maka Rahmat menjadi orang ketiga di Kobar yang duduk di parlemen (setelah Hamdhani SIP MSi dan Rachman).

    Rahmat adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mewakili Dapil Kalimantan Tengah.

    Rahmat juga adalah politisi muda PDIP di Kalteng dan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Kalimantan Tengah (2010-2015). Rahmat sebagai legislator senior juga pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (2004-2009), dan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (2009-2014).

    Pengamatan penulis, yang awal penulis kenal dengan Rahmat pada tahun 1997, sosok Rahmat sudah kelihatan sebagai pemuda cerdas. Karena disetiap pertemuan, seperti seminar atau pertemuan pejabat dengan tokoh masyarakat, dan pemuda, Rahmat sering tampil beda dengan para pemuda lainnya.

    Saat memberikan kritik demi aspirasi masyarakat Kobar, pada awal mengangungnya reformasi, Rahmat dengan beraninya menyampaikan kritik tajam kepada pemerintah. Disitulah sejumlah wartawan (termasuk penulis) itu sering memanfaatkan Rahmat sebagai nara sumber untuk mengkiritik (kritik membangun) terhadap kinerja pemkab Kobar.

    Sejak mengakhiri pendidikannya dari SMP PGRI Pangkalan Bun 1993 dan Lulus S1 Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Pangkalan Bun 1999, sosok Rahmat mulai dikenal masyarakat Kabupaten Kobar, bahkan dikalangan wartawan media cetak dan elektronik waktu itu, selain dikenal sebagai pemuda cerdas juga sebagai pemuda berani karena benar.

    Dan nampaknya, karena karier politik Rahmat mulai terbuka sejak menjadi Ketua Karang Taruna Kelurahan Raja Kecamatan Arsel Kabupaten Kobar, kemudian jadi Pengurus Himpunan Generasi Muda Islam (HGMI), Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pangkalan Bun, Ketua Umum GP Anshor(organisasi sayap Nahdlatul Ulama) Kotawaringin Barat.

    Pengurus Cabang Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Kotawaringin Barat, Ketua DPD Nahdlatul Ulama, Kotawaringin Barat. Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat,(2004-2009),Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, (2009-2014) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Kalimantan Tengah, Sekretaris Umum (2010-2014) PDI Perjuangan, Kalimantan Tengah, Wakil Ketua DPD (2010-2015).

    Pada Juni 2017 Rahmat duduk di Komisi IV DPR-RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan menggantikan posisi Henky Kurniadi. Itulah sosok Dr H Rahmat N Hamka yang mengawali politiknya sejak menjadi Ketua Karang Taruna Kelurahan. Semoga karier Rahmat semakin melejit di DPR RI.

    (Maman Wiharja).

    (Visited 4 times, 1 visits today)