Gunakan Produk Lokal dalam Pengadaan Barang dan Jasa

    KUALA KAPUAS – Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan ST MT didampingi Sekretaris Daerah Kapuas Rianova SH membuka langsung Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengadaan Barang dan Jasa, di Aula Kantor Bupati Kapuas, Selasa (27/2/2018).

    Dalam sambutannya, Ermal mengimbau kepada peserta Bimtek untuk mengikuti kegiatan dengan baik agar dapat mengimplementasikannya pada unit kerja masing-masing.

    “Saya berharap kepada seluruh peserta agar dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga pengetahuan yang didapat bisa menjadi landasan untuk mengemban tugas dalam proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan kerja masing-masing,” ungkapnya.

    Lanjut Ermal, berkaitan dengan modernisasi pengadaan barang dan jasa sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, diharuskaan proses pengadaan menjadi lebih sederhana mudah dikontrol dan diawasi. Selain itu, pengadaan memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri guna mendorong produk usaha kecil menengah, kontraktor kecil dan menengah yang ada di daerah.

    “Penting bagi kita dalam upaya pengadaan barang dan jasa menggunakan produk lokal, agar pengadaan yang di laksanakan memiliki arah semangat pemerataan,” ucap Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalteng tersebut.

    Sementara itu, Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa, Drs Mudjiono dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah agar dapat berjalan sesuai ketentuan.

    “Pematerinya disiapkan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI, dan peserta Bimtek yang hadir merupakan pejabat atau pegawai yang berasal dari organisasi perangkat daerah dan beberapa perwakilan SOPD di lingkup Pemda Kapuas,” ujarnya.

    (irfan/beritasampit.co.id)