Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Puskesmas Perlu Mendapat Perhatian yang Lebih

    PALANGKA RAYA – Hasil kunjungan kerja anggota DPRD Kalteng dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Faridawaty Darlan Atjeh mengatakan bahwa masyarakat Kota Palangka Raya yang berada yang jauh dari perkotaan mengaharapkan Pusat Kesahatan Masyarakat (Puskesmas) berjalan dengan Normal.

    Hal ini disampaikan kepada wartawan berita sampit melalui sambungan telpon, Rabu (28/2/2018)

    “Saat ini masih banyak sektor Kesehatan didaerah pelosok yang memerlukan penambahan tenaga medis sehingga fungsi Puskesmas akan berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat menikmatinya,”ungkapnya.

    Dengan berjalan dengan baik Puskemas, lanjut Anggota DPRD Kalteng dari Daerah Pemilihan Kalteng I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya, masyarakat dapat berobat dengan cepat di Puskesmas terutama pada saat proses persalinan.

    “Masyarakat juga mengharapkan adanya tenaga Bidan serta Fasilitasnya untuk mengatasi masalah melahirkan diwilayah tersebut. Karena sampai saat ini masyarakat hanya mengandalkan tenaga Dukun Beranak serta peralatan yang seadanya. Dan juga mengurangi penumpukan pasien di Rumah Sakit,” Ucapnya.

    Oleh karena itu, Pemerintah Kota Palangka Raya dapat memperbanyak tenaga Dokter dan bidan di Puskesmas sehingga masyarakat terlayani dengan baik. “Sehingga masyarakat tidak lagi meminta rujukan untuk ke Rumah sakit kecuali memang pengobatannya tidak dapat ditangani oleh Puskesmas,” pungkasnya.

    “Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, peranan Puskesmas sebagai lembaga terdepan perlu mendapat perhatian yang cukup, baik dari segi tenaga medis, peratalan medik maupun obat-obatan,”tutupnya.

    (nt/beritasampit.co.id)