Budaya Lokal Bagian Dari Roh Kabupaten Kotim, Harus Dikembangka

    Editor: A. Uga Gara

    SAMPIT- Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Parimu, SE memberikan apresiasinya terkait pegelearan Sampit Expo yang mana akan di buka malam nanti oleh Bupati Kotim, Supian Hadi.

    Parimus menekankan agar tradisi, maupun budaya kearifan lokal tetap exis bahkan dikembangkan agar busa tembus sampai internasional.

    “Expo ini bagi saya, merupakan cara promosi atau pemasaran produk lokal agar bisa menembus pasar nasional maupun go internasional. Ini sudah tepat, tapi perlu kita ketahui tidak hanya sampai disitu saja kita perjuangkan hasil produk andalan hasil buatan warga kita,” ujarnya Sabtu (3/3/2018).

    Ketua DPC Partai Demokrat Kotim ini juga meminta agar penerintah daerah setempat lebih mengedepankan produk andalan yang berkuakitas daya saing tinggi, dan alangkah lebih baiknya bisa mengurangi angka pengangguran di Kotim ini.

    “Tidak hanya sekedar produknya, tetapi produktivitasnya juga harus berkembang, artinya harus berimbang antara pendapatan si pembuat produk andalan itu sendiri, agar kinerja mereka lebih baik, supaya kualitas dan kuantitasnya berbanding,” urainya.

    Dia juga mengakui,masih banyak produk lokal yang sampai saat ini belum terpasarkan secara optimal, hal inilah kedepannya yang akan di upayakan oleh pihak Legislatif agar mampu menumbuhkan ekonomi di tengah masyarakat, serta meningkatkan SDM yang ada.

    “Banyak produl lokal kita yang sangar menarik untuk dipasarkan, contohnya pembuatan topeng Bukung, pakaian adat, dan hasil pertanian lainnya yang sudah sejak dulu ada, ini hanya butuh pengembangan secara serius dari pemerintah daerah saja,” tutupnya.

    (drm/beritasampit.co.id)