Menelusuri Indahnya Objek Wisata Danau Sebangau

    Oleh : Ahmad Prianto Rifansyah (Wartawan Berita Sampit Online)

    Pagi yang cukup terik itu menemani perjalanan kami menuju salah satu objek wisata Danau Sebangau, yang terletak di kelurahan Kereng Bangkirai, kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya.

    Hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari pusat kota menuju Danau Sebangau dengan menggunakan transportasi roda dua atau roda empat. Selain itu jalan menuju tempat tersebut sudah diaspal sehingga perjalanan semakin lancar.

    Sesampainya disana kami disuguhkan pemandangan yang sangat indah, dimana hamparan Danau Sebangau berikut dengan tanaman pohon bakau semakin membuat rasa penasaran ingin lebih dekat lagi menelusurinya.

    Kami yang kebetulan hari itu sedang meliput sebuah acara dengan sabar menunggu sebuah Perahu Wisata dimana nantinya akan membawa kami dan rombongan lainnya menyusuri Danau Sebangau.

    Tak perlu menunggu lama sebuah Perahu Wisata dengan panjang 6 meter dan lebar 2,5 meter dengan atap rumbia dengan design pondok kecil merapat ke pelabuhan dimana kami menunggu. Setelah tamu undangan semuanya berkumpul maka kami pun mulai menyusuri Danau Sebangau.

    Mulailah Perahu tersebut menyusuri air danau yang tenang, sesekali sinar matahari terpantul di permukaan Danau Sebangau. Angin sepoi sepoi berhembus dan membuat riak kecil di air. Sementara itu kami mulai menikmati keindahan alam di tempat tersebut.

    Di dalam perjalanan kami menemui masyarakat yang lalu lalang menggunakan perahu ces dan terlihat beberapa orang turis menyusuri Danau Sebangau menggunakan kelotok.

    Tak terasa sudah satu jam kami berada diatas perahu dan akhirnya kami kembali ke pelabuhan. Sungguh pengalaman menyusuri Danau Sebangau yang begitu indah sanggup mengusir rasa penat dan dapat memanjakan mata ditengah hiruk pikuknya kehidupan di kota. (*)