Pjs Bupati Kapuas Ikuti Ritual Tiwah di Danau Pantau

    KUALA KAPUAS – Bertempat di Desa Danau Pantau, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas dilaksanakan acara Tiwah, Kamis (1/3/2018) siang. Meski kala itu sedang gerimis, namun tak menyurutkan warga setempat, dan tamu undangan untuk mengikuti ritual kematian tingkat terakhir atau yang dikenal dengan Tiwah tersebut.

    Pjs Bupati Kapuas, Ermal Subhan, mengatakan, akan selalu mendukung kegiatan keagamaan di Kabupaten Kapuas, tak terkecuali di Timpah ini. Pihaknya akan membantu melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

    “Melalui acara keagamaan ini diharapkan mampu melestarikan adat istiadat serta menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kapuas,” ujarnya.

    Dikesempatan itu, Ermal juga mengingatkan agar masyarakat menjauhi dan menghindari narkoba karena dapat merusak generasi muda, generasi penerus bangsa.

    “Mari kita bergandengan tangan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kapuas,” terang pria yang juga menjabat Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalteng ini.

    Sebelumnya, Camat Timpah, Batu Panahan, mengungkapkan, di Kecamatan Timpah terdapat sekitar 11 ribu penduduk dan mayoritas mereka beragama Hindu Kaharingan.

    “Saya mewakili masyarakat Timpah mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Pjs Bupati dan rombongan,” katanya.

    Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Mantir Adat Desa Danau Pantau, Suarson, mengucapkan terima kasih atas kesediaan hadir para undangan ke tempat mereka.

    “Untuk jumlah keluarga yang di Tiwah sebanyak sembilan keluarga. Tiwah telah dilaksanakan mulai 26 Januari dan puncaknya pada tanggal 1 Maret,” sebutnya.

    Untuk diketahui, turut hadir dalam acara Tiwah, sejumlah Kepala SOPD, Ketua DAD Kapuas Talinting E Toepak, Ketua Majelis Besar Hindu Kaharingan Provinsi Kalteng Walter S Penyang, serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat.

    (irfan/beritasampit.co.id)