Asyikkk, 3 Desa Dapat Bantuan Penunjang Tangkap Ikan

    PULANG PISAU – Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau, pada tahun 2018 ini akan memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok nelayan di tiga desa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

    Bantuan tersebut berupa fasilitas penunjang tangkap ikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan anggaran 1,1 miliar, rencananya disalurkan di tiga Desa yang ada di dua Kecamatan.

    Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau, Ridwan Syahrani mengatakan, bahwa pihaknya untuk tahun ini tidak begitu banyak dalam melaksanakan program kegiatan, mengingat, terkendala anggaran. Meski demikan, kegiatan di dinas ini tetap berjalan.

    “Artinya bukan tidak dapat dilaksanakan program kegiatan, namun seadanya saja. Karena anggaran di dinas kita melalui dana APBD sangat minim. Nah, untuk bantuan kelengkapan fasilitas nelayan yang melalui dana DAK dengan total anggaran 1,1 miliar itu nantinya akan kita salurkan di Kecamatan Kahayan Kuala Desa Barunai dan Desa Pesanan serta di Kecamatan Sebangau Kuala,” ucap Ridwan Syahrani, Kamis (8/3/18)

    Ditambahkannya, bantuan dari dana 1,1 miliar yang disalurkan itu nantinya mencakup, penyediaan mesin ces, perahu lengkap dengan fasilitasnya, termasuk roda dan mesinnya serta disalurkan ke kelompok nelayan dengan nilai bantuan antara 150-200 juta persatu paketnya untuk kelompok nelayan.

    Untuk mendapatkan saluran bantuan tersebut, Ridwan mengatakan syaratnya harus memiliki badan hukum dan terdafta Syarat berbadan hukum, terdaftar di kemenkumham.

    “Untuk total nelayan di Wilayah Kabupaten Pulpus ini sekitar 4341 jiwa dan masing-masing kelompok antara 10-20 orang, dari total itu masih sedikit yang memiliki badan hukum. Salah satu untuk mendapatkan saluran bantuan dari dinas perikan juga harus memiliki kartu nelayan. Jadi, kita harapkan untuk para nelayan agar dapat membuat kartu nelayan untuk legalitas mereka jua,” tutupnya.

    (pra/beritasampit.co.id)

    Editor: MAULANA KAWIT