Bahas Potensi Pendanaan Iklim Melalui Dana Desa, DLH Kalteng Gelar Workshop

    PALANGKA RAYA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Workshop dengan tema Potensi Pendanaan Iklim Melalui Dana Desa pada Kamis, (8/3/2018) di ballroom Hotel Luwansa, jalan G. Obos Palangka Raya.

    Dalam sambutannya Kepala Dinas Linkungan Hidup (DLH) Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan bahwa dengan porsi dana desa yang cukup besar, punya potensi untuk dapat diarahkan ke perubahan iklim.

    “Tanggung jawab kita bersama menjaga kelestarian bumi dan mencegah terjadinya pemanasan global (global warming). Aksi bersama yang dilakukan meskipun hanya skala lokal namun manfaat yang dirasakan hingga skala global,” ucap Fahrizal Fitri.

    Lanjut Fahrizal dengan adanya Pertemuan dalam workshop ini hendaknya dapat dijadikan sebagai ajang untuk menyamakan persepsi khususnya dalam hal peran dana desa yang dapat berkontribusi dalam perubahan iklim.

    Adapun program pendanaan iklim yang bisa dilakukan misalnya pembentukan tim serbu api kelurahan, pemeliharaan sumur bor, pencanangan terbentuknya kampung iklim dan pelatihan bagi masyarakat yang memelihara ternak dan mengolah kotorannya menjadi gas.

    Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten/Kota Se- Kalteng, Dinas Pemberdayaan Masyarat dan Desa se- Kalteng, perwakilan USAID serta narasumber dari Direktur Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wahyu Marjaka.

    (apr/beritasampit.co.id)

    Editor: MAULANA KAWIT