Tinjau Pelabuhan Batanjung, Ini Kata Irjen Kemenhub RI

    KUALA KAPUAS – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Dr Wahju Satrio Utomo beserta rombongan didampingi Plt Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan melakukan peninjuan kondisi Pelabuhan Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala, Rabu (7/3/2018).

    Wahyu mengatakan, bahwa masih banyak hal-hal yang harus dikerjakan terutama keadaan lautnya itu sendiri, sehingga perlu adanya pengerukan alur.

    “Tujuannya agar alur di muara itu bisa terbuka, kapal-kapal keluar masuk dengan leluasa tanpa ada hambatan. Ditinjau dari sisi daratnya, kita tahu belum ada jalan penghubung dan ini memerlukan biaya yang cukup besar,” ungkapnya.

    Lanjut Wahju, pihaknya tidak bisa hanya berhubungan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI saja, diperlukan kerja sama dari Pemerintah Daerah itu sendiri, terutama menyiapkan hinterlennya. Sehingga, terang dia, investasi yang ditanam di daerah tersebut benar-benar punya manfaat yang besar bagi pembangunan pemerintah daerah.

    “Kami sarankan, kalau bisa industri dipusatkan disana baik itu batu bara, kelapa sawit dan industri lainnya sehingga menjadi kawasan ekonomi. Kalau memang dikerjakan dari Kementerian PUPR maka manfaatnya sangat besar bagi Kalimantan Tengah tidak hanya Kabupaten Kapuas saja,” terangnya.

    Sementara itu, Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PURP, Ir Achmad Gani, mengungkapkan, pembangunan jalan di wilayah kawasan Batanjung cukup berat karena akses menuju pelabuhan tersebut semuanya melewati lahan gambut yang masih ada kurang lebih 52 Kilometer.

    Ia mengatakan pihaknya berupaya untuk mencari struktur yang paling tepat karena kendaraan-kendaraan berat pasti akan melewati kawasan pelabuhan tersebut. “Kalau kita buka jalan hanya dengan timbunan saja tidak akan kuat. Untuk itu kita bekerja sama dengan Balitbang Kementerian PUPR untuk turun lebih dahulu sebelum kita melakukan pekerjaan fisiknya,” ujarnya.

    Ditempat yang sama, Pjs Bupati Kapuas, Ermal mengatakan, perluasan lahan penting untuk dilakukan untuk jaminan bagi pemerintah pusat dalam membangun kawasan Pelabuhan Batanjung. Ia berharap agar pelabuhan tersebut bisa bermanfaat terutama dalam pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kapuas. “Kita sudah usulkan ke provinsi agar kawasan Batanjung dapat dijadikan sebagai pusat kawasan ekonomi,” katanya.

    Untuk diketahui, dalam peninjauan itu turut hadir sejumlah Kepala SOPD Provinsi Kalteng, Ketua DPRD Kapuas, dan Kepala SOPD terkait di lingkup Pemkab Kapuas.

    (irfan/beritasampit.co.id)